Menteri Luar Negeri Korea Utara (Korut) Ri Yong-h di sidang PBB. (foto web)

Korut Sebut Donald Trump Sakit Mental dan Ancaman Paling Bahaya Bagi Dunia

Jabaronline.com – Menteri Luar Negeri Korea Utara (Korut) Ri Yong-ho menyerang Presiden Amerika Serikat Donald Trump dengan menyebutnya sebagai sosok yang sakit secara mental.

Melansir CNN, Minggu (24/9/2017), Ri  menyampaikan pernyataan itu dalam Sidang Majelis Umum Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) ke-72 di New York, akhir pekan ini, sebagai respons Trump yang sempat mengancam akan menghancurkan Korea Utara.

Selain menyebut Trump sakit secara mental, Ri juga menuding Trump sebagai pemimpin yang memegang tombol kendali nuklir sehingga menjadikannya ancaman paling berbahaya terhadap perdamaian dan keamanan internasional saat ini.

“Tak ada seorang pun selain Trump sendiri yang sedang melaksanakan misi bunuh diri,” kata Ri seperti dikutip AFP.

Ia juga mengatakan bahwa uji coba nuklir negaranya sebagai upaya menangkal perang dan mengklaim Korea Utara sebagai negara nuklir yang bertanggung jawab.

“Korea Utara akan mengambil langkah pencegahan jika Amerika Serikat dan sekutunya melakukan operasi di wilayah kami atau melakukan serangan militer pada kami,” kata Ri.

Beberapa jam sebelum Ri berpidato di Majelis Umum PBB, pesawat bomber Amerika Serikat terbang melintasi Pantai Timur Korea Utara.

Pentagon menyebut misi tersebut sebagai demonstrasi atas sikap AS sekaligus sebagai pesan nyata bahwa AS memiliki banyak opsi militer untuk menghancurkan setiap ancaman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*