Pilgub Jabar: DPRD Jabar Minta Pers Jaga Integritas

BANDUNG – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jawa Barat meminta media massa tetap independen dan menjaga integritas terkait Pilgub Jabar 2018 dan Pilkada di 16 kabupaten/kota se Jabar.

Pers dan Parpol memiliki standar kerja berbeda.  Bagaimana pers ini bersikap independen dan menjaga integritasnya serta menjadi pengontrol sosial saat pelaksanaan Pilgub Jabar dan Pilkada di 16 kabupaten /kota,” kata Ketua DPRD Jabar Ineu Purwadewi Sundari di Bandung, Kamis (30/11/2017).

Saat Pilkada serentak nanti, kata Ineu, pers pun harus bisa tegas membedakan ruang redaksi dengan bisnis. Harus juga memahami, dan memperhitungkan risiko buruk dari pemberitaan yang dibuat tidak berdasarkan kode etik jurnalistik.

“Pers juga wajib memberitahukan atau memberitakan pemilu yang bijak damai dan baik kepada masyarakat melalui pemberitaan,” kata dia.

Ineu pun mengakui bahwa peran serta pers mengawal Pilgub Jabar bukan hal mudah, mengingat luasnya wilayah Jabar dan jumlah penduduk yang banyak.

“Ini yang kami harapkan bahwa tugas pers yg bisa diimplementasikan nanti. Tentunya ini tidak mudah karena Jabar itu luas dan masyarakat banyak,” kata dia.

Menurut dia, kesuksesan Pilkada tidak terlepas dari peran seluruh pihak. Artinya bukan semata tugas KPU, Bawaslu atau aparat keamanan saja, tetapi juga peran media massa.

“Kami di DPRD berperan, pers pun begitu. Tetapi tidak sedikit keberhasilan dan kericuhan Pilkada itu dikarenakan peran rekan-rekan media. Jadi media itu sangat berpengaruh,” kata dia.

DPRD Jabar memiliki tiga fungsi terkait pelaksanaan Pilkada serentak, yakni legislatif, pengawasan dan budgeting atau bagaimana anggaran pilkada disusun bersama pihak terkait.

Sementara itu, Ketua KPU Jabar Yayat Hidayat mengatakan, peran media pun harus muncul dengan membuat tenang KPU bekerja dan peserta Pemilu lebih tenang.

“Salah satunya dengan cara memberikan informasi yang objektif dan mendidik masyarakat,” kata Yayat.

Dengan begitu, informasi yang dikemas media akan membantu menstabilkan pemilu.

“Insya Alloh itu akan membuat kondusif pelaksanaan Pemilu,” kata dia.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*