Siklon Dahlia, Hujan Disertai Angin Kencang Landa Wilayah Jabar

Siklon Tropis Dahlia diperkirakan akan menimbulkan hujan sedang hingga lebat disertai angin kencang. Kecepatan angin bisa mencapai lebih dari 36 km/jam. Sepanjang pesisir Barat di Sumatera Barat hingga Lampung, Banten, DKI Jakarta dan Jawa Barat, diperkirakan akan terdampak situasi ini.

Selain itu, gelombang laut dengan ketinggian 2,5 – 4 meter juga diperkirakan akan terjadi di perairan Kepulauan Nias, Perairan Kepulauan Mentawai, Samudera Hindia di bagian barat Aceh, hingga Kepualauan Mentawai.

Sementara gelombang laut lebih tinggi, sekitar 4 – 6 meter juga diperkirakan akan terjadi. Wilayah yang terdampak adalah di Perairan Enggano, Perairan Barat Lampung, Samudera Hindia Barat Enggano hingga Lampung, Selat Sunda bagian Selatan, Perairan Selatan Banten, Samudera Hindia Selatan Banten.

Untuk itu BMKG menghimbau kepada masyarakat agar mewaspadai potensi genangan, banjir, maupun longsor. Terutama bagi warga yang tinggal di wilayah rawan banjir dan longsor.

BMKG juga mengimbau warga yang tinggal di daerah dataran rendah, daerah cekungan, bantaran kali atau sungai, perbukitan, lereng-lereng dan pegunungan untuk mewaspadai longsor.

Diingatkan juga potensi pohon maupun papan reklame/baliho tumbang/roboh saat terjadi hujan disertai angin kencang.

Selain itu bagi kapal berukuran kecil juga diingatkan agar berhati-hati terhadap gelombang tinggi. Sementara bagi warga, diimbau agar tidak berlindung di bawah pohon jika hujan disertai kilat/petir.

Bagi masyarakat yang hendak memperoleh informasi terkini, BMKG membuka layanan informasi cuaca 24 jam, melalui pusat panggilan 021-6546318, situs BMKG, twitter @infobmkg , aplikasi iOS dan android “Info BMKG”, atau menghubungi kantor BMKG terdekat.

Untuk perkembangan siklon, warga juga bisa memantau dari tautan BMKG ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*