Ade Bagiku Sudah Menang

Ade, Bagiku Kau Sudah Menang

Aku mengenal siapa dia dan bagaimana sikap dan pendiriannya dalam melihat, merasakan bagaimana kabupaten penyanggah ibu kota ini penuh dengan disparitas.

Mungkin bagi orang yang melihat orasi politiknya ini akan mengatakan lebay, banyak cerita, omong doang atau kata lainnya yang setaraf. Sah saja komentar itu karena orang tidak mengetahui bagaimana berharganya uang 2 ribu rupiah dalam kehidupan masyarakatnya.

Banyak orang mungkin tidak mengetahui bagaimana lahan kosong yang tidak produktif, bukan karena masyarakatnya yang malas, namun lahan itu dimiliki orang lain yang tidak tahu siapa pemiliknya, hanya tembok atau pagar besi bergemboklah yang terlihat.

Banyak orang mungkin tidak mengetahui bagaimana pergudangan entah legal atau tidak yang bertebaran. Banyak orang mungkin tidak mengetahui bagaimana tingkat pendidikan masyarakatnya tidak berbanding lurus dengan pertumbuhan sekolah modern, terpadu dan bertaraf internasional.

Banyak orang tidak tahu bagaimana berharganya sepotong pakaian bekas yang pernah dipakai keluarga majikannya. Banyak orang tidak tahu bagaimana tersumbatnya bahasa sebagai dampak minimnya alih pendidikan.

Banyak orang tidak tahu bagaimana nenek, kakek tua memanggul kaset kaki menaiki bus masal berongkos murah hanya untuk menjajakan dagangannya. Banyak orang tidak tahu bagaimana sulitnya mendapat pelayananan kesehatan hingga ada yang ingin disuntik mati.

Banyak orang tidak tahu bagaimana perpindahan akidah hanya karena sekardus mie instan. Dan banyak lagi hal-hal membuat kekesalan yang jika dicatatkan hanya menumbuhkan emosional.

Bagi masyarakat Kabupaten Bogor, apa-apa yang disampaikan si Ade Wardhana ini adalah fakta dan kenyataan. Badannya memang tidak besar, namun nyalinya besar untuk berani berbicara fakta dan yakin akan melakukan perubahan mendasar. Fakta kehidupan masyarakat Kabupaten Bogor bagai pinggiran telur mata sapi. Masyarakatnya menjadi penonton warna kuning keemasan ditengah keterpurukan, ketidakberdayaan dan disparitas.

Hayo Ade, aku yakin kau bisa memimpin penyanggah ibu kota ini untuk menjadi seimbang, maju, berubah dan sejahtera. Orasikan terus fakta dan kenyataan itu agar orang semakin tahu bagaimana sebenarnya Kabupaten Bogor tempat kita tinggal saat ini. Orasi kau di visual ini adalah bukti kemenanganmu yang sesungguhnya. (Affan Rangkuti)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*