Ratusan Pesilat Pajajaran Cimande Ikuti Ujian Kenaikan Tingkat

BOGOR – Ratusan satria muda petarung Cimande berkumpul di area lapangan Universitas Juanda Bogor dari berbagai penjuru di Indonesia siap mengikuti kenaikan tingkat 23/12/17.

Perguruan silat Pajajaran Cimande Bogor berdiri tahun 1963 didirikan oleh H. Tubagus Ahmad Jamhari (alm) dan berkembang sampai sekarang hingga ke seluruh Nusantara.

Menurut ketua panitia Donil, kegiatan ini merupakan rutinitas tahunan ke 49 yang dilaksanakan sebagai ujian kenaikan tingkat, mulai dari dasar satria muda yaitu sabuk putih sampai sabuk hitam pendekar utama, namun pada pelaksaan kali ini hanya sampai sabuk coklat yaitu Pendekar muda karena belum ada yang mencapai sabuk hitam untuk saat ini dan sampai sekarang hanya tersisa 5 orang yang bersabuk hitam ungkapnya.

Kenaikan tingkat ini diikuti sebanyak sekitar 600 orang dari berbagai daerah di Indonesia, mulai dari Jakarta, Tangsel, Tangerang Kota, Subang dan masih banyak daerah lain yang mengikuti kegiatan ini pelaksananya dilaksanakan di Universitas Juanda Bogor karena permintaan yayasan yang menaungi silat Pajajaran Cimande.

Dalam sambutannya TB Ludi Djamhari, S.Pd ketua Majelis Pendekar mengatakan bahwa untuk benar-benar menjadi besar, seseorang harus berdampingan dengan orang lain bukan diatas orang lain ungkapnya. (Atx)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*