Usung Program Setara, STS Janjikan Rp50 Juta Tiap RT

BOGOR – Calon Wakil Walikota Bogor Sugeng Teguh Santoso (STS) mulai aktif menyambangi warga di Kota Bogor. Sabtu (20/1) pagi, lelaki yang terkenal dengan julukan ‘Sang Pembela’ itu  bersilahturahmi dengan warga di Kampung Pulo Geulis Kelurahan Lebak Pasar, Bogor Tengah, Kota Bogor.

Sambil memperkenalkan diri, STS sapaan akrabnya juga menyosialisasikan program “Setara” andalannya yakni Sejahtera Bersama Masyarakat.

Menurut STS, bila terpilih sebagai Wakil Walikota Bogor 2018 maka setiap tahun pemerintah kota (Pemkot) bakal memberikan bantuan Rp50 juta untuk setiap RT setiap tahuunya.

 Dana tersebut 60 persen untuk infratsruktur seperti RTLH, Musolah atau Posyandu, 20 persen untuk peningkatan ekonomi warga melalui perguliran simpan pinjam untuk modal usaha dan 20 persen untuk kegiatan sosial seperti karang taruna, atau biaya pengobatan warga yang sakit.

“Nanti pengerjaan jalan seperti ini tidak lagi dikerjakan oleh kontraktor, tapi langsung dikerjakan masyarakat. Kalau dikerjakan masyarakat kerjaanya akan bagus tidak akan ada korupsi, jadi warga dapat uangnya dan yang menganggur juga bisa bekerja,” kata STS

Begitupun halnya dengan bantuan RTLH, dia meyakini lewat program itu maka masyarakat tidak perlu ribet menunggu bantuan RTLH cair.

“Nanti RT cukup mendata lalu di bangunkan dengan dana dari program setara,”kata Sugeng.

Sementara untuk meningkatkan ekonomi warga lanjut STS Rp10 juta dari program tersebut bisa digulirkan melalui pinjaman, misalnya buat dagang atau pengrajin dan sebagian dana bisa diposkan untuk kas RT. “ Dana ini bisa digunakan untuk kegiatan sosial misalnya maulid, warga sakit mendadak naik angkot atau karang taruna membuat kegiatan olahraga dan lainnya,”bebernya,

Sebagai langkah antisipasi adanya penyalahgunaan anggaran, kedepan Bantuan RT akan dipayungi oleh perwali. Makanya RT harus membuat kepengurusan, buka rekening dan untuk pembekalan wawasan ada pelatihan dan bimbingan teknis (bimtek).

“Program saya itu pemerintah harus memprioritaskan bahwa masyarakat sejahtera,” pungkasnya.

Seperti diketahui STS diusung PKB untuk mendampingi kader terbaik PDI P Dadang Iskandar Danubrata yang mengusung tagline Bogor Bersih Dari Korupsi dan siap bertarung di Pilwalkot Bogor 2018 mendatang. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*