Diawal Kerjasama BJB Syariah Hibahkan Toyota Villefire Kepada UIN SGD, Dipertanyakan?

Jabaronline (Bandung)-, Surat edaran no. B-189/Un.05/II.2/Kp.01.2/02/2018. Tentang perpindahan pengelolaan gaji PNS UIN SGD Bandung, dari BRI ke BJB Syariah. Dengan pertimbangan dan alasan, perjanjian kerjasama antara UIN SGD dengan BRI tentang pengelolan gaji telah berahir pada November 2016. Hasil “Beauty Contest“ dengan mengundang beberapa mitra perbankan. Amanat dan desakan dari Fakultas dan Himpunan Mahasiswa Jurusan, tentang ke berpihakan UIN SGD terhadap Bank Syariah. Berdasarkan hasil rapat pimpinan, kerjasama UIN SGD dengan BRI berahir pada Desember 2017 dan selanjutnya disepakati pula kerjasama dengan BJB Syariah. Dan melalui perjanjian kerjasama pengelolaan gaji PNS UIN SGD, pihak BJB Syariah menghibahkan 1 mobil Toyota Villefire kepada UIN SGD.

Surat edaran tersebut menjadi isu tak sedap dilingkungan kampus. Dari mulai adanya dugaan gratifikasi kepada pihak rektor, hingga plat mobil hibah yang berwarna hitam, bukan merahpun menjadi bahan pertanyaan.

Saat dikonfirmasi pihak, UIN SGD melalui Sekpri Rektor, Bidang Hukum, M.Irsan Nasution S.H, M.H, menjelaskan, “Sudah ada beberapa wartawan dari Radar dan Media BIN yang menanyakan perihal Surat Edaran tersebut. Dan hari ini dari media Tipikor, Koran Sinar Pagi dan Jabaronline.com mempertanyakan. Intinya dari surat edaran tersebut, pihak UIN SDG, memiliki kecenderungan kepada Bank syariah, sehingga pihak rektorat dari rapat pimpinan, disepakatilah untuk bekerjasama dengan BJB Syariah. Dari kesepakatan ini, lebih saling menguntungkan antara kedua belah pihak. Perihal plat mobil hibah yang berwarna hitam, tidak jadi masalah, karena kita menerima dari pihak swasta bukan dari APBN. Dan STNKnya juga atas nama kampus, bukan atas nama Pak Mahmud Rektor UIN SGD“

Lebih lanjut, disampaikan, “UIN  SGD sudah kerjasama dengan BRI kurang lebih 9 tahun dan kontrak kerjasamnya telah habis, agar tidak terjadi monopoli perbankan.  Pihak UIN mengundang beberapa mitra perbangkan, hasilnya BJB Syariahlah yang lebih menguntungkan. Dari kerjasama dan hitungan keuntungan BJB Syariah selama 3 tahun kedepan. Pihak BJB Syariah memberikan hibah mobil diawal setelah perjanjian kerjasama disepakati“

Nasution S.H, M.H, menilai surat edaran tersebut jadi bahan obrolan negatif, dikarenakan suhu internal kampus memanas menjelang berahirnya masa jabatan rektor di 2019, jelasnya kepada wartawan. (Dwi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*