Wartawan Saba Desa, “Kades Drawati Targetkan Jalan 65 KM Bagus“

BANDUNG – Team wartawan Sabada Desa yang terdiri dari Media Tipikor, Koran Sinar Pagi dan Jabar Online berkunjung ke Desa Drawati, Kecamatan Paseh. Dengan tujuan publikasi program Dana Desa Percontohan 2018. Team langsung disambut baik Kepala Desa, Ketua LPMD, Babinkamtibmas dan puluhan warga yang sedang melaksanakan program pembangunan jalan desa.

Kepala Desa Drawati, Aep Rusmana, didampingi Abah Jaya Ketua LPMD dan Hamzah Babinkamtibmas, bercerita tentang pengalamanya sejak awal menjabat kepala desa hingga sekarang.

“Awalnya tidak ada niat menjadi kepala desa, modal kampanye juga tidak kebayang. Namun karena dukungan masyarakat dan Abah Jaya, Ketua LPMD. Ternyata sampailah kepada pencalonan dengan lawan 4 calon kepala desa. Dari total 7 ribu suara. Alhamdulillah menang dengan total selisih suara, 1250an unggul, ucapnya kepada wartawan (23/3/2018)

Lebih lanjut Aep Rusmana, menjelaskan, “Dulu lawan saat pilkadesnya, orang yang berpengalaman, mulai dari Babinsa, Babinkamtibmas, dan aparat desa. Sedangkan saya, hanya peternak ayam, dan bertani. Walaupun kampanye tidak maksimal, tapi karena takdirnya jadi kepala desa, jadi menang juga“, jelasnya sambil tersenyum mengenang masa lalunya saat Pilkades, dan mengingat saat kehilangan motor pribadi satu-satunya.

Selanjutnya Aep Rusmana, memaparkan, “Setelah menjadi kepala desa, berada bersama warga di lingkungan perkampungan untuk menyerap aspirasi dan bersama-sama membangun jalan, rumah, dan fasilitas umum. Lebih terasa nikmat, dari pada berada satu hari duduk di kantor desa“

Ada yang menarik dan membuat terharu, atas kepedulian warga kepada kepala desa. Pada saat itu, “warga pada lagi kumpul dirumah, dan hujan besar.  Terrasa dan terlihatlah rumah bocor. Keesok harinya, banyak warga ke rumah, dikira mau demo. Ternyata mau bedah rumah yang nenek, istri, anaknya dan saya diami selama ini satu-satunya.

“Kalau untuk pembangunan desa, dengan didukung pengalaman Ketua LPMD, dan sinergi dengan masyarakat. Target 65 KM jalan desa, dengan luas wilayah desa 2200 hektar. Semoga infakstrukturnya beres satu priode dari 2013-2019.

Seperti saat ini sedang pengerjaan dana desa percontohan 2018. Dengan anggaran 200 juta, ditarget pembangunan jalan baru kurang lebih sepanjang 550 meteran dan lebar 2,5 meter di kampung Onggong, Desa Drawati ini. Dengan dibantu warga semoga, yang awalnya motorpun sulit masuk kalau hujan, kedepanya bisa dilalui mobil.

Dan kalau ditanya ada niat lagi mencalonkan kepala desa di Pilkades serentak gelombang ke 3. Kalau warga menilai kinerja saya bagus dan banyak yang mendukung pasti, harus siap maju lagi.

Disisi lain ketua LPMD, Abah Jaya, mengungkapkan, “Kenapa Abah Jaya mendukung Kepala Desa ini sejak awal. Karena Abah menilai ada keistimewaan, saat remaja hingga dewasa. Pergaulanya cukup terjaga, giat bekerja dan hidupnya sederhana. Saat jadi kepala desa, sekarang hidupnya tetap sederhana, dan tujuanya tulus untuk memenuhi amanat rakayat.

Kadang Abah melihat, kepala desa ini, rela menyetir malam-malam mengantarkan warga yang sakit dan emas milik istrinya rela diberikan kepada rakyatnya yang darutat meminta bantuan kepadanya. Kalau sudah seperti ini, sayapun rela diri dan nyawa ini, untuk berkorban melindungi kepala desa.

Selaku Ketua LPMD, dari beberapa kepala desa yang sebelumnya baru kali ini, kepala desa terlihat pembangunannya dan warganyapun terlihat dekat. Baik siang atau malam, tidak ada libur, kalau kantor desa malamnya tutup. Rumah kepala desa siap tidak ada libur untuk melayani rakyatnya.

Informasi yang dihimpun wartawan setelah menjelajahi kurang lebih 2 jam jalan wilayah desa. Terlihat Infrakstruktur cukup bagus baik irigasi, jalan, kantor lembaga desa dan posyandu. Warganyapun bersikap ramah terhadap wartawan yang berkunjung ke sana ke sini. Lingkungan desa yang didominasi pegunungan perbatasan antara Bandung dan Garut, sangat indah dan sejuk. Didukung dengan penghuni masyarakat yang harmonis, membuat manusia merasa aman, nyaman dan tentram berada di Desa Drawati.

Wartawan : Dwi Arifin S.Pd,

Foto : Diki Perdana

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*