Benny: “Dengan Kerjasama UNBK Lancar & Sukses, Lanjutkan Pendidikan”

Jabar Online (Kabupaten Bandung)- Kegiatan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) dan Ujian Nasional Kertas Pensil (UNKP), yang berlangsung di SMPN dan SMPS di wilayah Gugus 4 berjalan lancar dan sukses. Beberapa sekolah SMPN/SMPS menyelenggarakan dengan mandiri atau kerjasama dengan SMK/SMA untuk pelaksanaan UNBK. Pelaksanan UN diharapkan mendorong siswa untuk semangat belajar dengan melanjutkan ke tingkat sekolah menengah atas atau kejuruan dan membangun nilai kejujuran siswa.

Kepala SMP Marhas Margahayu, H. Thomas Syaripudin Chobir, S.Sos, M.Pd.i mengungkapkan, “Alhamdulillah, tahun ini dan tahun sebelumnya SMP Marhas melaksanakan UNBK, pihak sekolah dan panitia menyiapkan langsung perangkat computer dan mental siswanya. Dengan UNBK ini diharapkan siswa dapat bersikap jujur kedepanya. Dan meningkatkan kualitas lulusan SMP Marhas ini”

Kepala SMPN 1 Katapang dan Ketua Gugus 4, Benny Sontany, menjelaskan, “UNBK dan UNKP hingga hari ke 3 ini berjalan lancar dan sukses. Tidak ada kendala teknis yang menghambat. Hanya dihari pertama beberapa menit susah untuk login. Hal ini terjadi secara serentak, bukan hanya di Bandung dan Jawa Barat. Ada 14 sekolah diwilayah gugus 4 yang melaksanakan UNBK dan 10 Sekolah UNKP”, Jelasnya kepada Jurnalis Jabar Online di SMK Angkasa 1 Margahayu (25/4/2018)

Selanjutnya Benny Sontany mengharapkan, “dengan proses pembelajaran di sekolah yang normal, ditambah pemantapan dan latihan  semua siswa disiapkan untuk menghadapi UN. Khususnya siswa yang UNBK lebih tenang saat dihadapan monitor. Kalau yang UN Kertas Pensil, sudah biasa pasti lebih tenang. Sebelum pelaksanaan pihak Gugus bekerjasama dengan tim dari Dinas Pendidikan Kabupaten dan Provinsi untuk memastikan semuanya akan berjalan lancar.

Benny Sontany menilai dan memotivasi siswanya yang lulus untuk melanjutkan ke pendidikan SMK/SMA, baik negeri atau swasta. “UN ini sebagai syarat kelulusan atau syarat melanjutkan ke SMK/SMA, semoga hasilnya baik dan memuaskan. Saat ini melanjutkan ke sekolah negeri atau swasta, kualitas proses belajarnya hampir sama, sehingga tidak ada dikotomi antara lulusan negeri atau swasta. Seperti SMK 1 Angkasa ini, sarana penunjang pelaksanaan proses pendidikan cukup lengkap dan bagus” ungkapnya.

Disisi lain, beberapa minggu sebelumnya, saat interaktif dengan Jurnalis Jabar Online Kepala SMK 1 Angkasa, Rusnata S.Sos, M.Pd.i menilai positif kegiatan UNBK SMP tahun ini. “Pihak sekolah mempersilahkan siswa SMP meminjam fasilitas komputer SMK Angkasa 1. Karena akan terjalin simbiosis mutualisme, pihak SMK diuntungkan dengan siswa SMP yang melaksanakan UNBK disini. Jadi pihak SMK tidak perlu promosi ke SMPN 1 Katapang, kerena mereka saat UNBK dapat melihat langsung lingkungan dan fasilitas pendidikan SMK Angkasa 1 Margahayu”

(Tim Liputan/Dwi Arifin S.Pd)

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*