Pemprov Jabar Rombak Rute Tol Cigatas

BANDUNG – Pemerintah Provinsi Jawa Barat telah mengusulkan rencana pembangunan Tol Cileunyi-Garut-Tasikmalaya atau Tol Cigatas kepada pemerintah pusat untuk dijadikan proyek nasional. Diyakini bisa menjadi solusi kemacetan di jalur selatan Jawa Barat sekaligus mempersingkat jarak tempuh.

Meski begitu, menurut Sekretaris Daerah Jawa Barat Iwa Karniwa, tol Cigatas tidak akan mampu menyelesaikan masalah kemacetan di kawasan Cileunyi. Untuk itu, pemerintah Provinsi Jawa Barat telah mengubah rute tol tersebut menjadi Gedebage – Majalaya – Garut – Tasikmalaya – Ciamis – Banjar.

“Kami sudah bertemu dengan Kementerian PUPR (Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat) dan pihak terkait lainnya untuk melakukan singkronisasi 8 kabupaten/kota di Jawa Barat. Akhirnya bukan lagi tol Cigatas, insya allah jadi Gedebage – Majalaya – Garut – Tasikmalaya – Ciamis – Banjar,” ujarnya saat on air di PRFM, Minggu (8/10/2017).

Iwa menambahkan, jarak tol tersebut lebih panjang 20 kilomter dari tol Cigatas. Panjang keseluruhan dari Gedebage hingga Banjar mencapai 120 kilometer. Dengan begitu, jarak antara Bandung hingga Banjar bisa di tempuh dalam waktu satu jam.

“Mudah-mudahan Pak Jokowi dan Menteri terkait segera mendukung rencana ini,” tandasnya (PRFM)

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*