Penuh Prestasi Desa Cibodas Dikunjungi Dua Kementrian

Jabar Online (Kabupaten Bandung)-, Berbagai prestasi pembangunan di desa Cibodas Pasirjambu, Kabupaten Bandung, menjadi daya tarik pihak Kementrian dan Lembaga lainnya. Di tahun 2018 ini, Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Kementeri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan mengunjungi Desa Cibodas untuk menilai dan menjadikan percontohan tingkat nasional bagi desa lain.

Herbet, Asisten Mentri Bidang Pemberdayaan Masyarakat, Kemko PMK, bersama timnya meninjau langsung pembangunan Gor Serba Guna dari Dana Desa APBN 2018. Didampingi Willy Nugraha Wirasamita Kepala Desa Cibodas, Herbet berbincang dengan pekerja program padat karya tunai Dana Desa dilokasi pembangunan. Hasil interaksi dengan pekerja padat karya, Herbet memastikan tentang pengupahan dan menyerap aspirasi untuk program kedepan. “Perkerja padat karya ini, gajinya Rp.80 ribu hingga Rp.125 ribu/hari. Perbedaan ini karena kemampuan dan beban kerja yang dijalani. Kedapannya upah Harian Orang Kerja (HOK) akan dipikirkan bersama, bagaimana agar dinaikan sesuai kebutuhan para pekerja. Pengupahan program dana desa di Cibodas sangat tertib dan sesuai aturan. Dari 15 orang pekerja, mereka dibayar mingguan setiap hari kamis dan hari jum’at mereka diliburkan. Dengan alokasi dari total anggaran sebesar 30% untuk upah harian orang kerja. Program ini sangat bermanfaat bagi masyarakat”

Kepala Desa Cibodas, Wily Nugraha Wirasasmita, menjelaskan, “Dengan anggaran Rp. 577.944.000 mampu terbangun GOR seluas 540 meter, jika pembangunan sudah selesai. Kedepannya GOR Serbaguna di RT02/RW03 ini akan dikelola oleh BUMDesa. Untuk berbagai kegiatan skala besar, GOR ini sangat dibutuhkan karena akan multi fungsi”

Komentar