Ratusan Masjid di Bogor Adakan Shalat Gerhana

BOGOR – Sedikitnya 850 masjid di Kabupaten Bogor akan mengadakan Shalat Gerhana pada peristiwa supermoon, blue moon dan gerhana bulan atau super blue blood moon pada Rabu (31/1). Masjid tersebut tersebar di berbagai daerah kabupaten.

“Karena Masjid Raya Baitul Fadzin masih direnovasi, masyarakat bisa shalat di berbagai tempat, tersebar,” ujar Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Bogor, KH Ahmad Mukri Aji, Selasa (30/1).

Tidak harus di masjid besar, Ahmad menuturkan, masyarakat yang hendak menunaikan Shalat Gerhana bisa melakukannya di masjid tingkat kelurahan hingga mushalla di lingkungan Rukun Tetangga (RT) maupun desa.

Ahmad menjelaskan, MUI Kabupaten Bogor sudah membuat kesepakatan dengan majelis ulama di kecamatan antara setelah Magrib atau Isya, sekira pukul 18.48 WIB. Tata caranya, dua rakaat dengan tiap rakaat melakukan dua kali rukuk dan sujud.

Fenomena super blue blood moon merupakan peristiwa langka yang kembali terjadi setelah lebih dari seabad. Dalam fenomena ini, bulan, bumi dan matahari berada dalam satu garis lurus, di mana bulan berada pada jarak terdekat dengan bumi.

Ahmad pun mengajak masyarakat memaknai super blue blood moon sebagai momentum untuk bertaubat. Di satu saat, alam raya akan habis dengan bertabraknya benda langit. “Bumi akan berbalik berikut gempa dahsyat,” ucapnya.

Dengan terbatasnya manusia dalam kehidupan ini, Ahmad mengatakan, manusia tidak seharusnya sombong, congkak dan egois. Sebaliknya, manusia harus saling tolong-menolong sebagai hamba Allah.

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*