Berkompetisi di Ajang Lingua

(Headlinebogor.com) – LINGUA, yang diselenggarakan di SMK Informatika Pesat, Jumat-Sabtu (24-25/03/2017) merupakan sebuah kompetisi di bidang bahasa dan sastra Indonesia.

Perlombaan yang diikuti sekitar 90 peserta dari berbagai SMA/SMK/MA sederajat dan SMP/MTs/sederajat ini disambut antusias bagi para pelajar kota Bogor.

Piala Walikota pun turut menjadi motivasi para peserta untuk menampilkan yang terbaik di lomba debat, menulis cerpen, membaca puisi, mendongeng, poster, dan pidato.

Aam Nurjaman, M.Pd selaku salah satu juri pidato menuturkan bahwa “Kegiatan lomba ini sangat baik untuk perkembangan eksistensi bahasa dan sastra di Indonesia terutama di kalangan pelajar.”

Dengan jalannya perlombaan yang cukup sengit, para peserta saling memperjuangkan nama sekolah mereka masing-masing untuk mendapatkan hasil yang terbaik di akhir kompetisi.

Usaha yang maksimal tidak akan mengecewakan hasil. Seperti peraih juara umum tingkat SMA yaitu SMAN 5 Bogor yang dengan gemilang membondong lima piala serta piala umum dari walikota.

Salah satu pemenang dari SMAN 5 Rifdah berharap “Lomba Lingua terus diadakan karena dapat menjadi sarana untuk menjaga eksistensi bahasa dan sastra Indonesia yang mulai memudar di kalangan remaja.”

Sedangkan di tingkat SMP, SMPN 4 Bogor berhasil meraih piala umum walikota dengan membondong tiga piala lomba sekaligus.

Selain perlombaan, panitia Lingua juga menghadirkan novelis terkenal Darwis Tere Liye dalam acara Talkshow Inspiratif dan Bedah Novel “Tentang Kamu”.

Kegiatan ini dihadiri sekitar 250 peserta dari kalangan pelajar, mahasiswa, dan umum. Para penikmat sastra khususnya penggemar Bang Tere begitu antusias saat Bang Tere memaparkan proses pembuatan novel-novelnya.

Seolah tak mau melewatkan momen  bersama sang novelis, para peserta melontarkan pertanyaan-pertanyaan seputar karya-karyanya.

Di sesi terakhir kegiatan talkshow ini Bang Tere eksklusif memberikan cinderamata yang tak terlupakan berupa tanda tangan kepada para penggemar.

Firdha, mahasiswa jurusan komunikasi di salah satu perguruan tinggi swasta di kota Bogor menuturkan “Kegiatan ini sangat bermanfaat karena dengan adanya acara ini, dapat menambah wawasan saya tentang teknik penulisan novel.”

Suatu acara akan berjalan sukses dengan adanya pembina, ketua pelaksana serta dukungan para panitia lainnya, seperti halnya ketua pelaksana Lingua Erian Sukarna yang menuturkan bahwa “Suatu acara akan berjalan lancar dengan adanya komunikasi dan koordinasi antarpanitia”, sedangkan menurut pembina acara Lingua yaitu Adhi Rachmat Saputra, S.Kom berharap “Event Lingua dapat menjadi Event Eksternal tahunan SMK Informatika Pesat dengan melakukan inovasi-inovasi dalam konsep acara untuk menjadi wadah kompetisi bahasa dan sastra Indonesia tingkat SMA/SMK/MA/sederajat dan SMP/MTs/sederajat.” (STL)

 

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*