Jurusan Teknik Penerbangan SMK Angkasa 1, Solusi Dunia Industri

Jabar Online (Bandung)-, SMK Angkasa 1 Margahayu, Jl Hercules No.1 Lanud Sulaiman Bandung, membuka penerimaan peserta didik baru tahun ajaran 2018/2019. SMK Angkasa 1 memiliki Jurusan teknik penerbangan yang merupakan jurusan dengan peluang kerja yang sangat luas dan mudah bagi para lulusanya untuk masuk ke dunia industri penerbangan atau pemerintahan. Maka siswa yang lulus SMP/MTs diharapkan masuk ke jurusan tersebut.

Kepala SMK Angkasa 1 Margahayu, Rusnata S.Sos, M.Pd.i, menjelaskan, “Sekolah ini terus mengalami kemajuan dari tahun ke tahun, diantaranya membuka jurusan teknik penerbangan di tahun lalu dan tahun ini dibuka kembali. Lalu bekerjasama dengan TNI AU, Universitas Nurtanio, PT.Dirgantara Indonesia, Mitsubisi, Kementerian Pertahanan, industri nasional dan dengan negara lain untuk program pertukaran pelajar . Sehingga SMK Angkasa ini memiliki SDM dan sarana pendidikan yang maksimal untuk membentuk siswa didiknya“ jelasnya kepada jurnalis Jabaronline.com (22/3/2018)

Lebih lanjut, Rusnata S.Sos, M.Pd.I, memaparkan, “Saat ini ada siswa dari Negara Thailand yang sedang belajar budaya Indonesia. Mereka tertarik dengan keanekaragaman budaya dan alam negara agraris ini. Indonesia juga harus belajar kepada Thailand, karena walaupun gersang, tapi pertanian disana cukup bagus, masyarakatnya tertib, dan Thailand dikenal baik negara-negara lain“

Adanya siswa dari negara lain yang belajar disini merupakan kemajuan dunia pendidikan. Kita berusaha dengan maksimal, dengan ijin Allah pendidikan ini makin berkualitas. Usaha dan do‘a, merupakan kunci meraih cita-cita dan kehidupan yang lebih baik.

Dan Sekolah ini juga, membuka kelas unggulan industri. 26 siswanya belajar di Kementrian Pertahanan, dengan seragam Kementrian, mereka dapat ilmu praktis disana, tapi tetap memperoleh pendidikan jarak jauh yang fleksibel dengan kurikulum SMK. Rata-rata yang masuk program unggulan industri, mereka yang ikut organisasi sekolah dan ektrakulikulier.

Rusnata S.Sos, M.Pd.i menilai Alumi SMK Angkasa 1, alhamdulillah pada sukses-sukses. Ketika sukses mereka membantu sekolah. Dari total kurang lebih 11.500, saat ada reoni akbar yang hadir mencapai 950 orang. Dan mereka menyumbangkan lampu dengan tenaga surya untuk penghematan energi, lampu itu harganya belasan juta. Alumni juga peduli siswa berpretasi dan kurang mampu, dari yang hadir mengumpulkan dana untuk membantu siswa disini.

Disisi lain, Rolansyah Tri Sakti, siswa kelas 12, mengungkapkan, “belum juga lulus sudah ada tawaran kerja di Industri percetakaan dan tawaran kuliah program beasiswa Bidik Misi. Hal ini sangat  membahagiakan orang tua dan mempermudah meraih cita-cita“

(Tim Liputan/Dwi Arifin S.Pd)

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*