Mahasiswa KKN UNPAK Gelar Seminar Pendidikan Karakter 2018

SUKABUMI – Senin, 6 Agustus 2018 bertempat di Aula PKK Pendopo Palabuhanratu, yang beralamatkan di Jalan Yulinus Usman No.2 Palabuhanratu Sukabumi Jawa Barat. Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pakuan menyelenggarakan kegiatan seminar yang bertemakan “Membangun Kecintaan Negeri melalui Pendidikan Karakter”. Kegiatan ini merupakan salah satu program Kuliah Kerja Nyata (KKN) Desa Jayanti Kecamatan Palabuhanratu 2018.

Seminar Pendidikan Karakter 2018 dengan ketua pelaksana Idzni Shafina Marwanto. Narasumber pada kegiatan ini ialah Bapak Junaedi Ibnu Jarta, S.Hut (Ketua DPRD Lebak Banten) dan Bapak Bayan (Anggota DPRD Kab. Sukabumi).

Peserta yang hadir dari beberapa sekolah yang berada di Kecamatan Palabuhanratu. Diantaranya SMP IT Miftahul Amal Jayanti, SMP IT Yasin, SMPN 2 Palabuhanratu, SMK Doa Bangsa, SMPN 1 Simpenan, SMK Harapan Bangsa, dan SMK Yasin. Jumlah keseluruhan peserta yaitu 155 orang. Beserta guru pembimbing yang mendampingi. Adapun peserta seminar lainnya datang dari beberapa perwakilan Peserta KKN yang ditempatkan di Kecamatan Palabuhanratu.

Kegiatan ini juga dihadiri oleh Sekretaris Desa Jayanti, Bapak Agus Muslihat. Beliau menyampaikan bahwa rasa bangga atas kontribusi yang selalu hadir di Desa Jayanti, beliau juga mengatakan bahwa KKN membawa dampak posistif bagi masyarakat. Terlebih dengan Seminar yang diadakan oleh peserta KKN Desa Jayanti 2018, memperharum nama Desa Jayanti.

Karakter menurut (KBBI) Sifat-sifat kejiawaan, akhlak atau budi pekerti yang membedakan seseorang dari yang lain. Pendidikan karakter merupakan kegiatan yang didalamnya berisi tindakan yang mendidik. Pendidikan karakter memang harus diberikan sejak anak usia dini, dari mulai mengapliksikan nilai-nilai pancasila kedalam kehidupan sehari-hari hingga sampai pada rasa sangat cinta terhadap Negeri. Menutur Idzni Shafina Marwanto (Ketua Pelaksana Seminar Pendidikan Karakter 2018). Harapan untuk kedepannya, peserta tidak hanya puas dengan penyelenggaraan seminar ini, namum harus dibarengi dengan sikap kritis. Sikap kritis dalam mencari ilmu menjadikan seseorang itu berwawasan lebih luas.

Komentar