Pendidikan Kepramukaan Ekstrakurikuler Wajib Bagi Siswa

Bogor (Headlinebogor.com) – Pendidikan Kepramukaan adalah proses pembentukan kepribadian, kecakapan hidup, dan akhlak mulia pramuka melalui penghayatan dan pengamalan nilai nilai kepramukaan bagi siswa di Satuan Pendidikan adalah Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah (SD/MI), Sekolah Menengah Pertama/ Madrasah Tsanawiyah (SMP/MTs), Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah (SMA/MA), dan Sekolah Menengah Kejuruan/Madrasah Aliyah Kejuruan (SMK/MAK).

Sekolah yang berlatar belakang pendidikan agama, yaitu MTs Tarbiyatusshibyan (Yatashi) Tetap mengembangkan ekstrakurikuler pramuka. Kepala sekolah MTs Tarbiyatussbhyan (Yatashi) mengatakan bahwa pramuka salah satu ekskul yang dapat mengembangkan bakat siswa dan membuat siswa menjadi lebih mandiri. Kegiatan ekstrakurikuler menjembatani kebutuhan perkembangan peserta didik yang berbeda; seperti perbedaan rasa akan nilai moral dan sikap, kemampuan, dan kreativitas. Melalui partisipasinya dalam kegiatan ekstrakurikuler peserta didik dapa mengembangkan kemampuan berkomunikasi, bekerja sama dengan orang lain, serta menemukan dan mengembangkan potensinya. Kegiatan ekstrakurikuler juga memberikan manfaat sosial yang besar.

“Ekstrakurikuler pramuka merupakan ekskul yang dapat memotivasi siswa. Selain itu, berharap melalui pramuka siswa dapat mandiri, berani, ulet, dan gigih dalam meningkatkan kualitas mental siswa. ” tutur Bu Hj. Maesuroh, S. Pd. Kepala Sekolah MTs Yatashi.

Pendidikan Kepramukaan dilaksanakan sebagai kegiatan ekstrakurikuler wajib pada pendidikan dasar dan menengah. Kegiatan ekstrakurikuler pramuka pun wajib yang harus diikuti oleh seluruh peserta didik berdasarkan pasal 3 Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Selaras dengan yang diutarakan Ibu guru Umahatu Fauziah, S. Pd. “Eskul pramuka itu seharusnya eskul yang wajib diikuti oleh seluruh siswa karena sesuai dengan kurikulum 2013 untuk penanaman karakter dan kegiatan pramuka sudah dimasukkan ke dalam jam pembelajaran 36 jam. ” tegas pembina ekskul pramuka.

Dalam mengwujudkan ekstrakurikuler yang unggul, ekskul pramuka Yatashi selalu mengikutsertakan lomba pramuka sampai ke tingkat wilayah. Terbukti tiap mengikuti lomba MTs Yatashi tak pernah tangan kosong senantiasa meraih prestasi. Prestasi terbaru mendapatkan juara tiga di Ar-Ridho, Depok.

Wartawan : Anshar

Editor : Wildi Fadilah

Komentar

One comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*