Tembok Hampir Roboh, Ancam Keselamatan Siswa MI Mathaulhuda di Kabupaten Bogor

Tenjo (Headlinebogor.com) – Kondisi MI Mathaulhuda Babakan 02 sangat memprihatinkan. Madrasah yang berlokasi di Kampung Panunggulan RT 01/08, Desa Babakan, Kecamatan Tenjo ini seolah dilupakan. Para siswa dan guru harus selalu waspada ketika kegiatan belajar mengajar (KBM) sedang berlangsung. Musababnya, atap dan tembok bangunan kelas terancam mau rubuh.

Kepala MI Mathaulhuda Babakan 02 Jubaedi mengatakan, sekolahnya memiliki delapan ruang kelas termasuk kepala sekolah dan guru. Namun, kondisi beberapa kelas sudah rusak, maka hanya tujuh kelas saja yang digunakan.

“Satu kelas yang tidak digunakan itu mulai ajaran 2016/2017. Sudah sama sekali karena temboknya sudah miring ke arah anak-anak jika menghadap papan tulis. Takut rubuh tiba-tiba,” ujarnya kepada Radar Bogor (Pojoksatu.id Group).

Sebetulnya, lanjut Jubaedi, ada tiga ruangan yang sudah rusak parah namun terpaksa tetap digunakan karena tidak tahu harus belajar di mana lagi. Jika cuaca hujan, guru akan menyuruh siswa keluar ruangan kelas karena takut terjadi sesuatu. “Bangunan tersebut sudah didirikan sejak tahun 1990-an, tapi belum ada perombakan. Hanya perbaikan-perbaikan saja seperti atapn, ganti bata dan kusen. Ditambah lagi saat ini kondisi tanahnya sudah labil, itu membuat kami tambah khawatir,” terangnya.

Ia menambahkan, sudah mengajukan laporan kepada Pemkab Bogor sebanyak dua kali. Yang pertama diajukan tahun lalu dan kedua diajukan pada Maret. Tapi sampai saat ini, belum ada respon. “Saya harap ada bantuan untuk perbaikan sekolah ini agar siswa dapat dengan tenang belajarnya,” tuturnya.

Sementara itu, Ketua Tim Relawan Bogor Barat Dessy Suprihatini mengaku prihatin dengan kondisi tersebut. Madrasah tersebut sudah bertahun-tahun rusak, tapi sampai saat ini belum mendapatkan bantuan dari pemerintah.  “Dengan adanya sekolah rusak ini, bisa mengakibatkan pendidikan anak-anak bangsa menjadi terhambat,” singkatnya.

 

 

 

(radar bogor/cr4/c/pojokjabar.com)

 

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*