Tingkatkan Pelayanan Terhadap Konsumen, Sudiono : Berdampak Untuk Kemajuan Usaha

BOGOR – Demi meningkatkan pelayanan terhadap konsumen, Dinas Pariwisata dan Budaya (Disparbud) menggelar pelatihan terkait Sumber Daya Manusia (SDM) bagi pengusaha makanan dan minuman. Kegiatan tersebut dimulai dari tanggal 23 – 25 Oktober 2018, berlangsung di Hotel Gumilang Jalan Raya Puncak Cipayung.

Kepala Bidang (Kabid) Kemitraan, SDM dan Ekonomi Kreatif Disbudpar Kabupaten Bogor Sudiono mengatakan kegiatan tersebut bertujuan untuk meningkatkan kompetensi SDM bagi para pengusaha dan pegawainya. Sehingga para peserta kegiatan ini dapat memberikan pelayanan yang lebih baik bagi konsumennya dan berdampak untuk kemajuan usaha.

“Dihari kedua ini pemberian materi dan adviservice bagi level Supervisor (SVP), agar meningkatkan kapasitas mengawasi sebagai leader dalam melaksanakan peranan di usaha.” Jadi pemantapan dalam bekerja sebagai SVP, apa dan bagaimana yang harus dilakukan,” kata Sudiono kepada awak media, Rabu (24/10/2018).

Menurutnya, jabatan supervisor harus memiliki kompetensi, sebab sejak 2015 sudah memasuki Masyarakat Ekonomi Asean (MEA). “Jadi sudah global jangan sampai SPV dijabat oleh orang luar negeri, dalam rangka itulah pihaknya membentengi dengan kegiatan tersebut,” tuturnya.

Sementara itu, General Manager Cimory Thomson Siregar menjelaskan sebagai anggota dari Persatauan Pengusaha Hotel Dan Restoran Indonesia (PHRI), tentu dengan adanya pelatihan tersebut akan lebih menambah kualitas dan kuantitas para pegawai dari pengusaha hotel dan restoran.

“Ya kami dalam management sangat berharapan dengan pelatihan ini, dapat menambah wawasan dan skill para karyawan kita. Tentunya ini dapat membuat mereka bangga, yang tadinya hanya waiter pelaksana aja dengan penambahan skill ini suatu saat akan bisa menjadi pengawas atau supervisor,” jelasnya.

(ON)

Komentar