Film “Single” Raditya Dika Melesat Ke Puncak Box Office Indonesia


curcol.id – Pekan ketiga bulan Desember merupakan pekan panas bagi film-film Indonesia betapa tidak dua film yang digadang-gadang mencatat hits ditayangkan di minggu ini. Kedua film itu adalah Single dan Bulan Terbelah di Langit Amerika. Pekan ini juga merupakan pekan yang cukup sulit bagi film Indonesia pasalnya minggu ini dirilis film blockbuster hollywood Star Wars : The Force Awakens. Bagaimana peta persaingan film Indonesia minggu ini berikut laporannya.

Di posisi puncak Film Single berhasil melesat jauh perkiraan pendapatan di pekan pertama sebesar IDR 8 miliar. Film produksi Soraya Intercine Films ini memang tidak diragukan kualitasnya. Dengan kekuatan komedi ala Raditya Dika yang memiliki followers 12 jutaan di Twitter mudah saja film ini memancing penonton untuk mengantre di bioskop. Film Single dibintangi sederet nama beken seperti Raditya Dika, Pandji Pragiwaksono dan Babe Cabita. Tidak ketinggalan Anisa Rawles aktris pendatang baru yang menjadi lawan main Raditya Dika di film ini.

Film produksi Maxima Pictures Bulan Terbelah Di Langit Amerika harus puas berada di posisi kedua dengan raihan perkiraan pendapatan sebesar IDR 5,4 miliar. Film yang diadaptasi dari buku karya Hanum Salsabila Rais dan Rangga Almahendra dengan judul sama ini dibintangi oleh Acha Septriasa dan Abimana Aryasetya. Berkisah tentang problematika muslim Amerika pasca tragedi 11 September di Amerika, film ini sukses membuat penonton untuk berduyun-duyun ke bioskop. Apakah film ini akan sesukses pendahulunya yaitu 99 Cahaya di Langit Eropa. Kita nantikan saja kabar selanjutnya.

Film horor Villa 603 harus terjun dari puncak box office dan duduk di posisi ketiga dengan raihan perkiraan pendapatan sebesar IDR 720 juta. Secara total film ini sudag mengumpulkan perkiraan pendapatan sebesar IDR 3,7 miliar. Film produksi BIC Pictures ini merupakan garapan sutradara Chiska Doppert. Film yang dibintangi Shandy Syarif, Maeeva Amin, dan Masayu Clara ini sukses membuat bulu kuduk penonton merinding. Dengan tipikal horor urban pastinya film dari PH Firman Bintang ini banyak menjadi incaran moviegoers.

Drama reliji yang dibintangi Sylvia Fully dan Irwansyah harus turun ke posisi keempat, kali ini dengan perkiraan pendapatan yang sama dengan pekan lalu sebesar IDR 500 juta. Secara total film ini terlah mengumpulkan perkiraan pendapatan sebesar IDR 1 miliar. Film ini mengisahkan tentang seorang perempuan bernama Qia yang terjebak dalam dunia prostitusi. Dalam perjalanannya Qia yang seorang PSK ingin pergi ke Mekkah untuk menunaikan ibadah haji.

Di posisi kelima atau juru kunci film Horor Penghuni Lain mencoba bertahan di box office Indonesia. Pada pekan keduanya film ini mengumpulkan perkiraan pendapatan sebesar IDR 500 juta. Film yang katanya digarap dengan bujet miliaran ini hanya mengumpulkan total mengumpulkan pendapatan sebesar IDR 1 miliar. Film ini dibintangi Marcel Chandrawinata dan Febby Febiola.

Pekan keempat bulan Desember akan dirilis dua film blockbuster Indonesia lagi yaitu Sunshine Becomes You yang dibintangi Herjunot Ali dan Nabilah JKT 48 dan Negeri Van Orange yang dibintangi Tatjana Shapira, Abimana Aryasetya, Ge Pamungkas, Arifin Putra dan Ciccho Jeriko. Bagaimana persaingan keempat film high budjet ini?. Mari kita tunggu laporannya minggu depan.

Keterangan :
– Sumber jumlah penonton dari filmindonesia.or.id.
– Asumsi penghitungan pendapatan kotor dari peredaran suatu film adalah Rp 30.000/penonton di tahun 2013 berdasarkan data dari filmindonesia.or.id.
– Perkiraaan pendapatan diperoleh dengan mengalikan asumsi pendapatan dengan perolehan jumlah penonton.
– Penghitungan jumlah penonton untuk film baru dimulai dari Kamis-Minggu, sementara untuk film lama dari Senin-Minggu


No
Film
Minggu ini
Total
1
Single
273.581
273.581
2
Bulan Terbelah di Langit Amerika
181.718
           181.718
3
Villa 603
24.486
123.458
4
Harim di Tanah Haram
17.771
35.585
5
Penghuni Lain
17.309
33.714
Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*