Jelang Idul Adha, Waspada 4 Wilayah Rawan Antraks

Bogor (Headlinebogor.com) – Jelang hari raya idul adha, Dinas Perikananan dan Peternakan (Diskanak) Kabupaten Bogor, kembali menurunkan dokter hewan guna antisipasi penyakit antraks pada hewan kurban.

Para Dokter hewan dari Institut Pertanian Bogor  (IPB) diturunkan menjelang H-1 hingga H+3 di wilayah rawan antraks diantaranya Cibinong, Citeureup, Babakanmadang, dan Sukaraja.

Kepala Seksi Pelayanan Kesehatan Hewan pada Diskanak Kabupaten Bogor, Zakaria mengatakan untuk pemeriksaan hewan, petugas dari UPT Dinas Perikanan dan Peternakan akan mendatangi penjual hewan kurban yang ada. Selain itu, petugas juga akan melakukan pemeriksaan kesehatan agar hewan tersebut mendapatkan surat keterangan sehat.

“Pemeriksaan dilakukan dua minggu sebelum lebaran. Sebab, banyak ternak yang dari luar Bogor seperti dari Bandung, Tasikmalaya, dan Sukabumi supaya beradaptasi. Makanya, sudah banyak yang berjualan. Kecuali, yang memang hewannya sudah dipelihara di Bogor, penjualnya pun tenang-tenang saja,” dikutip dari pojokjabar.com

Lebih lanjut ia mengatakan, jika ditemukan hewan kurban yang tidak layak jual seperti sakit, maka petugas akan mengarahkan pemiliknya menyembuhkan terlebih dahulu.

Selain itu, hewan yang sehat akan diberi tanda seperti kalung. “Untuk usia kambing, minimal satu tahun setengah keatas. Dibawah itu belum boleh dipotong,” tuturnya.

Ia berharap, jika terdapat hewan kurban yang datang dari luar kota harus diberikan surat keterangan sehat terlebih dahulu dari wilayah asalnya. Biasanya, hewan-hewan tersebut akan dikarantina juga di lokasi barunya.

Zakaria juga memberikan tips untuk memilih hewan kurban. Diantaranya umur hewan yang cukup, hewan yang sehat terlihat dari matanya yang cerah, bulu yang tidak mudah rontok, warna bulu yang tidak kusam, tingkah laku normal, tidak susah makan dan harus pula diketahui latar belakang hewan tersebut apakah ditempat sebelumnya satu kandang dengan hewan yang terjangkit penyakit atau tidak.

 

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*