Raditya Dika, dari Catatan Harian Menjadi Jutawan

bogabeja.com – hampir seluruh masyarakat Indonesia mengenal seorang publik figur yang satu ini, dimulai dari karya novelnya hingga ke  berbagai film yang telah sukses di garapnya, tak hanya itu,  ia juga seorang stand up comedyan yang sangat tersohor di Indonesia. Yup siapa lagi kalau bukan Raditya Dika.

Artis yang bernama asli Dika Angkasaputra Moewarni ini lahir di Jakarta,28 Desember, tahun 1984, mempunyai talenta sebagai, penulis, pelawak, actor, model, hingga sutradara. Putra pertama dari 5 bersaudara ini banyak menginspirasi banyak orang, mulai dari novel-novelnya, hingga filmnya, yang menceritakan kegelisahan masyarakat Indonesia, yang ia sajikan dengan ringan dan sangat ‘mengena’ kedalam hati para penggemarnya.

Berawal dari sebuah blog, Raditya Dika  mempunyai banyak sekali pengunjung di laman situs blognya. Dari blog yang awalnya hanya ‘iseng-iseng’ saja ia akhirnya bisa membukukan tulisan-tulisannya, dan terbitlah buku pertamanya pada tahun 2005 yang berjudul Kambing Jantan:catatan harian pelajar bodoh.

Buku Kambing jantan:catatan harian pelajar bodoh ini, awalnya hanya sedikit para pembacanya dikarenakan judulnya yang berbau binatang dan dikarenakan masyarakat belum membaca terlalu mengenal siapa penulisnya.

Tetapi setelah beberapa minggu di toko-toko buku, akhirnya buku pertamanya itu tersebar luas, laris karena ia bisa membawakan genre tulisan yang berbeda atau bisa disebut ‘anti mainstream’ pada saat itu, dan novel pertamanya itupun akhirnya membawanya sukses diawal karir menulisnya saat itu.

Pada tahun 2006 tak tanggung-tanggung Radit menerbitkan novel keduanya, yang berjudul Cinta Brontosaurus yang kembali mengisahkan tentang cerita-cerita hariannya, dan novel tersebut kembali meledak dan laris di toko-toko buku di Indonesia.

Di tahun  2009  tayanglah film yang di adaptasi dari novel pertamanya itu, yaitu film  Kambing Jantan:catatan harian pelajar bodoh, tak tanggung-tanggung kembali Raditya Dika pun berkiprah di karir pertamanya menjadi seorang actor, yaitu menjadi pemeran utama pada film Kambing Jantan itu, film tersebut sukses menghibur masyarakat, terutama para remaja Indonesia saat itu.

Setelah itu Raditya Dika pun berlanjut dengan karya-karyanya yang populer, berikut novel-novel yang telah ia tulis :

  1. 2005 – Kambing Jantan: Sebuah Catatan Harian Pelajar Bodoh
  2. 2006 – Cinta Brontosaurus
  3. 2007 – Radikus Makankakus: Bukan Binatang Biasa
  4. 2008 – Babi Ngesot: Datang Tak Diundang Pulang Tak Berkutang
  5. 2010 – Marmut Merah Jambu
  6. 2011 – Manusia Setengah Salmon
  7. 2015 – Koala Kumal

Film yang telah diperankannya :

  1. 2009 – Kambing Jantan: The Movie
  2. 2013 – Cinta Brontosaurus
  3. 2013 – Cinta Dalam Kardus
  4. 2013 – Manusia Setengah Salmon
  5. 2014 – Marmut Merah Jambu
  6. 2014 – Malam Minggu Miko The Movie
  7. 2015 – Single
  8. 2016 – Koala Kumal

Skenario film yang di tulisnya :

  1. 2009 – Maling Kutang
  2. 2013 – Cinta Brontosaurus
  3. 2013 – Manusia Setengah Salmon
  4. 2014 – Marmut Merah Jambu
  5. 2015 – Single

Film yang telah di sutradarainya :

  1. 2014 – Marmut Merah Jambu
  2. 2014 – Malam Minggu Miko The Movie
  3. 2015 – Marmut Merah Jambu Series
  4. 2015 – Single

Pada akun You Tubenya, ia berbicara bahwa, mulai dari novel, penulis scenario, sutradara, hingga stand up comedy, itu ia kerjakan dengan bermodalkan menulis, mulai dari menulis konsep, menulis ide-ide yang ingin ia tuangkan kedalam film, dan materi stand up comedynya.

Berikut sosial media Raditya Dika :

  1. Situs resmi : radityadika.com
  2. Akun Twitter : @radityadika
  3. Akun Instagram :  @raditya_dika
  4. You Tube :  Raditya Dika

Dengan menulis kita makin bisa melakukan banyak hal.-

 


 

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*