TATA NIAGA IMPOR POST BORDER

Pengumuman

TATA NIAGA IMPOR POST BORDER

31-01-2018 — Yth. Bapak/Ibu Dengan telah diterbitkannya Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) Nomor 23 Tahun 2018 sebagai peraturan pengganti Permendag 74/M-DAG/PER/12/2012 tentang UTTP Asal Impor yang mulai berlaku tanggal 1 FEBRUARI 2018, dengan beberapa perubahan: 1. Tata niaga impor dari BORDER (Lartas) menjadi POST BORDER. 2. Pengawasan terhadap UTTP asal impor dilakukan setelah UTTP keluar dari wilayah pabean. 3. Sanksi administratif diberlakukan bagi importir yang melanggar peraturan ini yaitu pencabutan API.

Sekilas Unit Pelayanan Terpadu Perdagangan IV – Direktorat Metrologi

Sistem Pelayanan Perizinan Kemetrologian merupakan aplikasi pelayanan perizinan Alat – Alat Ukur, Takar, Timbang dan Perlengkapannya (UTTP) yang memberikan informasi jenis pelayanan, persyaratan pengajuan dan perizinan UTTP yang telah terbit. Selain penyampaian informasi melalui laman ini juga pemohon/masyarakat dapat mengajukan permohonan perizinan UTTP secara on-line/elektronik dengan melakukan pendaftaran terlebih dahulu sebelum masuk ke “Menu Pengguna” untuk mengajukan permohonan.

Pemohon/masyarakat dapat mengetahui sejauh mana proses berkas permohonan yang telah diajukan (document tracking) melalui “Menu Pengguna”. Semua informasi tentang pengajuan permohonan baik permohonan diterima, permohonan ditolak maupun izin sudah terbit akan disampaikan melalui email pemohon yang telah terdaftar di sistem.

Bagi pemohon/masyarakat yang akan mengajukan permohonan secara manual dapat diajukan secara langsung ke Pelayanan Satu Pintu pada Unit Pelayanan Terpadu Perdagangan IV (UPTP IV) Direktorat Metrologi Jl. Pasteur No. 27 Bandung Jawa Barat.

Maklumat

  1. Waktu penerbitan perizinan UTTP 3 (tiga) hari kerja
  2. Jadwal Operasional:
    1. Pelayanan secara manual:
  • – Senin s.d Kamis: 09.00 s.d 17.00
  • – Jumat: 09.00 s.d 17.30
    1. Pelayanan secara elektronik:
  • Senin s.d Jumat: 09.00 s.d 16.00

Semua hari pelayanan diatas dilakukan selain hari libur nasional/libur bersama.
Jam istirahat setiap harinya pada pukul 12.00 s.d. 13.00

  1. Pelayanan perizinan UTTP tidak dipungut biaya. (rillis)

 

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*