Telkomsel, Indosat dan XL, Internet Mana yang Paling Murah?

Akhir-akhir ini saya semakin gusar, melihat kuota Indosat semakin kesini semakin sedikit. Saya memakai layanan data Indosat seharga 50 ribu. Saya pun berpikir untuk mengganti kartu gsm saya. tentu untuk mendapat layanan yang terbaik, murah tapi berkualitas. Saya memang sering mencari informasi tarif di masing-masing operator tapi tidak memperhatikan betul detilnya. Memang betul, untuk menentukan layanan data yang akan kita pilih kita harus tahu detil penggunaanya sepeti apa. Supaya kita tidak menyesal dan menyalahkan operator.

Berikut akan saya sajikan layanan data di tiga operator yaitu Telkomsel, Indosat dan XL dengan paket kuota seharga 50 ribu sebagai perbandingannya.

1. Paket Super Internet 4,5 GB seharga Rp 49.000,- (Indosat)
Membaca paket super internet seharga 50 ribu dari Indosat ini, pasti kita ngiler. Bayangkan hanya dengan kurang lebih 50 ribu kita bisa dapat kuota 4,5 GB dengan masa aktif satu bulan. Tidak terbayang banyaknya. Tapi tunggu dulu, ada tapinya.

Berikut pembagian kuotanya :

1,5 GB adalah kuota utama bisa dipakai 24 jam
500 MB adalah bonus siang bisa digunakan antara pkl. 09.00-17.00 WIB
1 GB adalah bonus dini hari hanya bisa dipakai antara pkl. 01.00-06.00 WIB
1,5 GB adalah bonus super wifi hanya bisa digunakan bila ada hotspot super wifi Indosat.
Dari uraian penggunaan itu bisa disimpulkan bahwa kuota yang bisa digunakan oleh pelanggan hanya 2 GB saja. Sementara itu sisanya masih memerlukan pengorbanan entah itu dengan cara bergadang sambil ronda atau hunting sinyal superwifi yang entah ada dimana.

2. Telkomsel Flash 2 GB seharga Rp 65.000,- (Telkomsel/Simpati)
Merinding rasanya membaca tarif internet dari Telkomsel melalui Telkomsel Flash. Karena harganya dibagi-bagi berdasarkan wilayah atau zona. Tarif termurah ada di zona 1. Untuk paket internet 2 GB dihargai sekitar 65.000,-. Tapi harga ini berbeda dengan zona lainnya. Paket kuota ini bisa digunakan 24 jam.
Kesimpulan dari tarif telkomsel flash ini adalah bahwa untuk mendapatkan kualitas yang baik harus dibayar dengan harga yang mahal. Memang Telkomsel memiliki kualitas jaringan yang memadai. Tapi untuk saya yang tinggal di Bogor, mungkin pikir-pikir dulu hanya untuk mendapatkan kuota 2 GB harus mengeluarkan uang 80 ribu karena Kabupaten Bogor berada di zona 4.

3. HOTROD 2 GB seharga Rp 50.000,- (XL)
Paket 2 GB di XL cukup bersahabat yaitu seharga 50 ribu. Paket 2 GB ini bisa digunakan 24 jam. Paket ini berlaku selama 30 hari.
XL tampaknya mengambil jalan praktis, dengan memberikan 2 GB tanpa embel-embel pembagian waktu atau kuota hanya bisa digunakan malam atau pagi.

Dari ketiga layanan itu tentu memiliki nilai lebih masing-masing. Telkomsel dengan Telkomsel Flash 2 GB seharga Rp 65.000,- (zona 1) menawarkan harga yang cukup mahal namun tentu didukung oleh kualitas jaringan yang memadai. Sementara Indosat dengan Paket Super Internet 4,5 GB seharga 49.000,- menawarkan kuota yang cukup berlimpah meskipun kuota tambahan bisa diperoleh bila dilakukan dengan pengorbanan. Sementara itu XL dengan Hotrod 2 GB seharga Rp 50.000,- tanpa perlu embel-embel memberikan layanan paket yang cukup murah dan gak pake ribet.

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*