DPMD Jabar, Selenggarakan Bumdes Ekspo Diahir 2018

Jabar Online (Bandung)- DPMD Provinsi Jawa Barat membuat langkah khusus untuk pengembangan Bumdes. Diantaranya dengan menyelenggarakan Bumdes Ekspo diakhir tahun 2018. Kegiatan ini merupakan cara untuk mewujudkan harapan-harapan pengelola Bumdes di Jawa Barat.

Kepala Bidang PUEM, Rusyandi memaparkan, “Diahir tahun acara Bumdes Ekspo akan dilaksanakan dengan penyelenggara DPM Desa Jabar. Acara akan diisi Talk Show berbasis ekonomi islam, hiburan, promosi dan lainnya. Ini merupakan semangat provinsi Jawa Barat, untuk mengembangkan Bumdes,“ paparanya saat ditemui Jurnalis Jabar Online (26/3/2018)

Team kepanitiannya sedang dibentuk, dan akan dikordinasikan dengan mitra DPMD. Ada waktu kurang lebih 6 bulan kedepan untuk persiapannya. Dari total 2714 Bumdes yang aktif di Jawa Barat, diharapkan ikut jadi peserta. Akan mengundang untuk jadi narasumber dari perwakilan provinsi lain dan praktisi dunia entrepreneur.

Diharapkan dengan acara ini, pengelola Bumdes, produsen dari kawasan pinggiran dapat berkumpul, bertemu dengan konsumen dan investor untuk memperluas relasi bagi kemajuan usahanya.

Rusyandi meyakini, produk SDA Jawa Barat memiliki keunggulan. Secara fisik Jabar kaya dengan potensi alam. Diantaranya produk kuliner, paling kaya. Selanjutnya bagaimana caranya setiap produk memiliki kemasan yang unik dan berdaya tarik. Kedepanya pelatihan meningkatkan produk akan diselenggarakan. Perlu dibanggakan produk Bumdes ada yang sudah dapat bersaing ke Malaysia dan negara lain dengan dibukanya perdaganan ASEAN.

Pada intinya, Bumdes harus tranformasi dengan pemanfaatan teknologi. Jangan konvensional, dan tradisional, kerena usaha yang seperti itu mulai meredup. Kerena tidak dapat bersaing, jaman terus berubah. Dengan teknologi akan membuka jalan pintas kepada sesuatu yang lebih luas. Dengan adanya modal, SDM, dan pemasaran, di Bumdes. Tingkatkan kreatifitas dengan berbagai pelatihan.

(Jurnalis: Dwi Arifin S.Pd,
Fotografer: Diki Perdana)

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*