Mengatasi Spam Promo Lenovo Flex 12 Hanya Rp 950.000,- di Facebook

bogabeja.com – Suatu ketika saya buka wall facebook, perhatian saya tertuju pada sebuah promosi menarik seperti gambar di samping ini. Saya lihat semakin ke bawah banyak teman-teman saya yang ditandai promo yang sama. Usut punya usut akhirnya saya buka tautan promosinya dengan penuh kehati-hatian dan teliti. Kenapa harus hati-hati dan teliti? Karena salah-salah, saya bisa kena juga. Walaupun sebenarnya wall facebook saya tetap aman, karena yang diizinkan menulis di wall saya ya cuma saya sendiri. Setelah saya buka tautannya ternyata ada permintaan akses terhadap facebook saya. Saya akhirnya berkesimpulan bahwa ini adalah spamming (nyampah). Akhirnya saya langsung tutup jendelanya. Untunglah facebook saya benar-benar aman meskipun saya sempat membuka url-nya.

Jika teman-teman mendapati tag, tanda, atau pos di wall facebook dari teman lainnya soal promosi ini, tepatnya promosi “Lenovo Flex 12 Hanya Rp 950.000,-“. Jangan pernah klik tautannya. Jika pun akhirnya mengklik tautannya jangan mengklik Izinkan atau Oke dengan begitu teman-teman akan aman dari spam. Bila terlanjur mengklik izinkan atau Oke, apa yang akan terjadi? Maka si spammer menguasai akun kita dan dia bebas nyampah dimana-mana. Membuat promo dimana-mana dengan mengatasnamakan akun facebook kita. Untuk diketahui bahwa Lenovo Flex 12 itu harganya dikisaran Rp 9.100.000,- berdasarkan situs lazada.co.id.

Lalu bagaimana solusinya bila kita terlanjur terkena spam tersebut. Solusinya jangan panik. Masuklah ke pengaturan akun facebook kita. Lalu masuklah ke bagian aplikasi. Di bagian aplikasi hapuslah aplikasi yang mencurigakan. Dalam hal ini aplikasi yang membuat akun kita tagging atau menulis otomatis di akun facebook lain. Coba saja cari aplikasi PT Lenovo Indonesia atau HTC Sense. Setelah dihapus maka akun kita tidak akan bisa lagi diakses oleh spammer.
Kasus ini sebenarnya sama saja dengan kasus Spam gadis mabuk dan ular raksasa yang sempat bikin heboh. Selain itu ada juga spam berupa penawaran nomor pin perempuan sexy. Intinya bila menemukan kasus-kasus semacam itu abaikan saja. Jangan mengklik apapun. Maka akun kita akan aman dari gangguan spammer. Kasus-kasus ini terjadi biasanya dilatarbelakangi ujicoba ilmu komputer dari si spammer. Para spammer maupun hacker dalam menerapkan ilmunya tentu akan melakukan simulasi. Tapi tidak enak juga kan jadi korban kelinci percobaan? Sebaiknya privasi akun facebook kita diubah, Biarkan kita sendiri saja yang bisa menulis di wall sehingga akun kita akan aman dari spammer.
Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*