SEMARAK LKBSI DI FKIP UNIVERSITAS PAKUAN

BOGOR (Jabaronline.com) – Program Studi Pendidkan Bahasa dan Satra Indonesia, FKIP Unpak untuk kesekian kalinya menggelar Lomba Kreasi Bahasa dan Sastra Indonesia (LKBSI). Lomba ini diikuti oleh para siswa SMA/sederajat yang berada di wilayah Jabodetabek, Sukabumi, dan Cianjur. Ada delapan mata lomba yang dipertandingkan dalam kegiatan ini, yakni Lomba Membaca Puisi, Musikalisasi Puisi, Debat, Membaca Berita, Menulis Poster, Mendongeng, Menulis Esai, dan Pidato

Ketua panitia lomba, Imelda, menuturkan,“Lomba ini berlangsung selama tiga hari, mulai 28—30 September 2017. Alhamdulilah, tahu ini peserta bertambah banyak, bahkan ada beberapa sekolah yang tidak bisa mendaftarkan perwakilan siswanya karena jumlah pandaftar sudah melebihi batas maksimal yang ditetapkan pantia. Saya sangat senang karena para siswa SMA sangat antusias dalam mengikuti lomba ini meskipun mereka berasal dari berbagai wilayah di luar Bogor,” ungkap Imelda.

Para juri yang terlibat dalam LKBSI ini berasal dari berbagai profesi, seperti Komunitas Perempuan, Perkumpulan Bumi Sunya, Sanggar Matahari, dan penyiar RRI. Meryana Mangunsong, penyiar senior RRI Bogor, yang menjadi juri lomba membaca berita. Mery, sapaan akrabnya, menuturkan bahwa,  “Semangat dan kegigihan para peserta perlu kita acungi jempol meskipun berita yang dibawakan peserta terkadang berbentuk cerita, feature, bahkan opini.” Meskipun begitu, Mery mengapresiasi kegiatan ini karena bisa melihat bakat para peserta dalam membaca berita dan berani tampil di depan publik.

Koordinator Tim Juri, Sri Rahayu Dwiastuti, yang juga dosen senior di prodi PBS Indonesia merasa kagum dengan kebolehan para peserta. Sejak awal mereka sudah mempersiapakn diri dengan matang sehingga saat lomba mereka tampil lepas dan penuh semangat. “Kami para juri harus benar-benar cermat memperhatikan kelemahan dan kekurangan peserta lomba karena kemampuan mereka relatif sama, bahkan para juara I, II, dan III dalam setiap lomba, nilaianya pun terpaut tipis,” imbuh Sri Rahayu.

Salah satu tim debat asal SMK Pelita 1 Ciampea, Atni Apriliyanti, Cici Cahyani, dan Herawati, menuturkan, “Kami siswa SMK Pelita 1 Ciampea merasa senang dan bangga bisa mengikuti kegiatan LKBSI di Unpak ini. Kami bisa menunjukkan bakat dan keterampilan kami.” Hal ini diamini oleh salah satu guru pembimbing mereka, Evi Juliani, “Kami senang melihat anak-anak kami tampil; tidak sia-sia kami memeprsiapkan mereka meskipun waktunya sangat mepet. Semoga kegiatan ini terus dipertahankan oleh FKIP Universitas Pakuan sebagai ajang unjuk kebolehan para siswa SMA dalam mengkreasikan bahasa dan sastra.”

Salah satu mata lomba yang menjadi favorit dalam LKBSI ini adalah Musikalilisai Puisi (MP). Lomba yang digelar di lapangangn basket FKIP ini menyedot perhatian publik. mahasiswa dari berbagai fakultas pun tak mau ketinggalan; mereka berbondong-bondong memenuhi arena lomba. Salah satu tim juri lomba ini, Lawe Samagaha, dari Komunitas Bumi Sunya, berujar, “Ini pertandingan sengit, kami harus benar-benar jeli dalam menilai lomba apalagi tiga tim yang menunjukan performa terbaiknya dan berhasil memukai penonton, yakni Tim SMAN 1 Parungkuda, Tim SMAN 1 Leuwiliang, dan Tim SMA Plus PGRI Cibinong, mereka memang layak untuk jadi juara di lomba ini.”

Penanggung jawab kegiatan, Suhendra, menuturkan bahwa ini merupakan bagian dari salah satu strategi promosi yang kami kembangkan. Melalui kegiatan ini, kami mengundang para siswa SMA/Sederajat yang berasal dari wilayah Jabodetabek, Sukabumi, dan Cianjur. Kita ingin melihat bakat mereka dalam mengkreasikan dan mengekspresikan pikiran dan perasaan melalui bahasa sebagai sarana komunikasi. Di sisi lain secara tidak langsung kami ingin memperkenalkan Unpak, FKIP, dan Prodi PBS Indonesia kepada mereka. “Untuk menghargai prestasi para juara, kami berharap, mereka yang menjadi juara di ajang ini bisa diprioritaskan jika kelak mereka ingin kuliah di Unpak, baik melalui jalur undangan maupun jalur prestasi. Kami mengucapkan terima kasih yang setinggi-tingginya kepada semua pihak yang telah menyukseskan acara ini; pimpinan fakultas, HIMA Diksatrasia, Tim Juri, para alumni yang tergabung dalam IKA PBSI, Headline Bogor, para sponsor, dan pihak lain yang tidak dapat kami sebutkan satu per satu.”

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*