Warga Bogor Bisa Naik KA Langsung ke Yogyakarta

BOGOR – Pemerintah pusat tengah membangun proyek jalur ganda (double track) kereta api lintas Bogor-Sukabumi. Selain pembangunan double track Bogor-Sukabumi, juga dikerjakan rehabilitasi jalur Sukabumi-Cianjur dan reaktivasi jalur Cianjur-Padalarang.

Dalam waktu bersamaan, pihaknya juga akan membuat konektivitas dari Sukabumi sampai ke Bandung. Karena saat ini, Sukabumi-Padalarang tidak terkoneksi. Sehingga Kemenhub berencana a melakukan reaktivasi tahun ini juga agar warga dari Bogor bisa sampai Bandung.

“Bahkan telah kita rencanakan tidak hanya sampai Bandung, namun Bogor sampai Yogyakarta akan tersambung.Sehingga warga Bogor dan Sukabumi apabila ingin ke Yogyakarta tidak perlu ke melewati Jakarta,” urai Mentri Perhubungan, Budi Karya Sumadi disela-sela peninjuan jalur ganda di stasion KA Cicurug, Selasa (7/11/2017).

Perencanaan double track ini juga menjamin waktu perjalanan yang sebelumnya memakan waktu hingga dua jam lebih, nanti hanya butuh waktu satu jam 30 menit saja.

Tak hanya itu, jumlah penumpang juga, yang sebelumnya hanya mampu menampung 3.500 orang, bisa naik hingga tiga kali lipat menjadi 12.000 orang perhari.

“Sebelum ada jalur ganda, kereta hanya mampu dilewati 12 gerbong per hari. Tapi nanti, bisa menjadi 96 gerbong per hari. Itu memangkas waktu dan biaya logistik,” akunya.

Pembangunan double track kereta api Sukabumi-Bogor, didadasarkan pada ukuran dan daya saing negara lain. Menurutnya, daya saing Indonesia yang awalnya pada urutan nomor 63 naik menjadi 52. Ini membuktikan, Indonesia dibawah kepemimpinan Joko Widodo memprioritaskan kepada infrastruktur.

“Buktinya dibangun jalan tol, double track KA dan bandara,” tambah Budi.

 

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*