WORKSHOP PEMBELAJARAN BIOLOGI BERBASIS STEM UNTUK GURU SEKOLAH MENENGAH ATAS SE KAB BOGOR OLEH PRODI PENDIDIKAN BIOLOGI FKIP UNPAK

BOGOR – Proses pembelajaran harus selalu mengikuti perkembangan zaman, bila dulu proses pembelajaran masih terpisah antar satu bidang dengan bidang yang lain, maka di zaman ini proses pembelajaran harus dapat melatih peserta didik untuk dapat memecahkan masalah lingkungannya dengan menggabungkan beberapa bidang keilmuan. Maka dengan itu program studi pendidikan biologi FKIP Universitas Pakuan bekerja sama dengan Musyawarah Guru Mata Pelajaran Biologi se Kabupaten Bogor mengadakan workshop pembelajaran biologi berbasis STEM sebagai salah satu pendekatan pembelajaran yang menarik yang dapat menjawab kebutuhan siswa di masa kini.

Workshop yang dilaksanakan di SMAN 4 cibinong Bogor ini diikuti oleh 60 orang guru yang mewakili sekolah di Kab Bogor. Embang selaku ketua MGMP Biologi se Kabupaten Bogor sangat berterima kasih atas kerjasama yang telah dilakukan ini telah membuka kembali semangat para guru untuk menerapkan beragam pembelajaran Biologi yang menarik dan melatih berfikir siswa. Antusias peserta sangat terlihat dari keaktifan mereka mengikuti setiap kegiatannya dari mulai pagi hari hingga menjelang sore hari. Evi salah seorang guru Biologi mengakui senang sekali mengikuti pelatihan ini, karna baru kali ini pelatihan STEM didapatkan langsung dengan praktik jadi tidak menjadi membosankan meski sampai sore.

Surti Kurniasih selaku ketua prodi pendidikan Biologi FKIP UNPAK menyatakan bahwa kegiatan dan kerjasama ini akan terus dilanjutkan, dengan pembimbingan lebih intens yang akan melibatkan para dosen, untuk penerapan pembelajaran berbasis STEM dari mulai perencanaan, pelaksanaan dan refleksi di perwakilan sekolah piloting.

Semoga dengan kegiatan ini dapat memberikan kontribusi yang berharga bagi perkembangan proses kegiatan pembelajaran biologi khususnya di Kabupaten Bogor.

Komentar