ZM Siapkan 12 Ribu Relawan di Kota Bogor

Pergerakan kekuatan mesin partai koalisi diantaranya PPP, PKS dan Gerindra yang mengusung pasangan Calon Walikota Achmad Ru’yat dan Cawawalkot Zaenul Mutaqin, terus dioptimalkan. Untuk menambah daya kekuatan dalam memenangkan Pilwalkot Bogor Juni mendatang, Calon Wawalkot Zaenul Mutaqin menggerakan juga kekuatan para relawan relawan Sahabat ZM yang sudah dibentuk dibawah kendali ZM Center.

Zaenul mengatakan, jumlah relawan Sahabat ZM sekota Bogor dipersiapkan sebanyak 12 ribu, tersebar di 68 Kelurahan. Relawan Sahabat ZM yang tersebar diseluruh Kota Bogor di deklarasikan disetiap Kecamatan. Salah satunya relawan Sahabat ZM Kecamatan Bogor Barat yang sudah di deklarasikan beberapa waktu lalu. Dalam waktu dekat, lima kecamatan lainnya akan di deklarasikan.

“Relawan Sahabat ZM yang sudah dibentuk di seluruh Kota Bogor dan tersebar pada kordinator RW dan RT sekota Bogor, tetap berkomunikasi dengan tim pemenangan koalisi parpol. Relawan Sahabat ZM ini dibawah kendali ZM Center dan secara kelembagaan terpisah namun pergerakan dilapangan terpisah antara tim pemenangan RZ,” kata Zaenul kepada wartawan, Kamis (8/2/18).

ZM menjelaskan, pembentukan para relawan Sahabat ZM sudah berjalan sejak beberapa tahun lalu sebelum Pilwalkot ini. Jadi bukan tidak percaya pada mesin partai, tetapi harus ada dua yang bergerak, pertama mesin partai yang utama dan dikuatkan oleh mesin relawan. Selain itu, setiap hari ada saja komunitas komunitas yang menyatakan bergabung dan mendukung, salah satunya komunitas dibawah mantan Cawalkot 2013 Firman Sidik Halim yang memiliki jaringan kuat di Kota Bogor, telah bergabung dengan relawan Sahabat ZM.

“Mantan Cawalkot 2013, Firman Sidik Halim itu memiliki jaringan komunitas sangat besar di Kota Bogor, dan saat ini komunitas itu sudah bergabung dengan Sahabat ZM. Jadi selain kekuatan mesin partai, kita juga terus bergerak di relawan relawan,” jelasnya.

Menurut Zaenul, hak pilih di Kota Bogor untuk Pilwalkot nanti sebanyak 733 ribu jiwa pemilih, dan belum diketahui jumlah pemilih pemula, tetapi pasti ada dikisaran angka 30 sampai 40 persen. Ahmad Ru’yat dan Zaenul Mutaqin sudah bertekad akan menekan angka golput di Kota Bogor dan meningkatkan partisipasi pemilih. Sehingga berbagai kegiatan yang di intensifkan saat ini salah satunya membidik kegiatan kegiatan yang melibatkan pemilih pemula di Kota Bogor.

“Saya sudah berkomitmen mensukseskan Pilkada, salah satunya meningkatkan partisipasi warga datang ke TPS dan menyurkan hak pilihnya. Namun saya kurang yakin bahwa partisipasi pemilih tinggi, contohnya karena adanya aturan aturan dan pembatasan dari KPU. Seperti soal pemasangan alat peraga kampanye, baligho dan spanduk serta masalah baju yang digunakan juga dibatasi oleh KPU. Tentu ini yang nanti akan berimbas kepada tingkat partisipasi masyarakat, karena belum tentu masyarakat di pelosok dan pinggiran kota Bogor mengetahui karena warga itu tidak mengenal para calon dengan adanya pembatasan aturan undang undang dari KPU,” tandasnya.

Contohnya soal baligho, lanjut politisi PPP ini, calon hanya boleh menambah 100 persen dari aturan yang dikeluarkan oleh KPU. Bagaimana orang mau tahu dan peduli kepada Pilkada karena lemahnya adanya informasi kepada masyarakat.

“Inilah yang harus menjadi perhatian, kita harus maksimal terjun langsung ke masyarakat dan mensosialisasilan Pilwalkot Bogor,” tutupnya.

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*