Inovasi Hingga Kolaborasi Dari DPMD Jabar Untuk Desa

Jabar Online (Bandung)-, Pemerintah provinsi Jawa Barat pada RPJMD tahun 2018-2023 menghadirkan program strategis desa untuk kemajuan dan pemerataan pembangunan seluruh desa di Jawa Barat. Berbagai program itu sudah tersosialisasikan dan mulai dilaksanakan.

 Sekertaris DPMD Jabar, Drs. M.A Afriandi M.T menjelaskan, “Pemerintah desa harus fokus pada Road Map RPJMD yang telah ditetapkan. Melihat arah kedepan, mengevaluasi visi 6 tahunan. Apakah desanya akan dibentuk desa wisata, desa agro dan layanan? arahnya harus jelas dan terukur,  pemerintah provinsi siap membantu untuk kemajuan desa“ jelasnya kepada Jurnalis Jabaronline.com dikantornya beberapa hari yang lalu.

 Seperti program strategis dari pemerintah provinsi untuk desa kedepannya. Diantaranya, Desa Digital dengan aplikasi untuk komunikasi antara kepala desa se Jawa Barat dengan Gubernurnya. Lalu program satu desa satu hafizd, satu desa satu perusahaan, satu pesantren satu produk, pemakaian giro, penguatan peran Bumdes, gerbang desa hingga jembatan antar desa, kampung mandiri terang terbarukan, dan mobil siaga multi fungsi.

 Drs.M.A Afriandi M.T menilai program tersebut untuk menumbuhkan kembangkan potensi di desa, baik sumber daya manusia atau sumber daya alam. Dan DPMD Jabar kedepanya akan terus meningkatkan sarana yang dibutuhkan desa. Selanjutnya pemerintah provinsi akan memberikan kemudahan untuk informasi pasar dan kebutuhan produk berbasis digital agar semua produk didesa meluas ke skala regional, nasional hingga internasional.

 Drs.M.A Afriandi M.T menghimbau agar pemerintah desa memahami potensi desanya, lalu merumuskan masalah dan mencari solusi dengan inovasi original. Dan harus ada pemikiran untuk kemandirian hingga menjadi desa juara berbasis kolaborasi.

(Jurnalis: Dwi Satrio Arifin S.Pd)

Komentar