Kades Mekarmaju Kolaborasikan Program Pemdes Dengan Pemprov

Jabar Online (Kabupaten Bandung)- Program Gubernur Jawa Barat Ridwal Kamil untuk perdesaan sangat dinilai positif dan akan mendongkrak kemajuan desa. Penilaian dan sambutan baik dari program Gubernur diantaranya muncul dari kepala desa Mekar Maju Kabupaten Bandung, Usep Benjamin. Dan mensikapinya dengan mensinergikan arah pembangunan desa Mekar Maju sebagai desa Wisata Edukasi Kampung Pandai Besi.

 Usep Benjamin mengungkapkan, “ Program prioritas digitalisasi yang akan dijalankan Gubernur merupakan program yang dibutuhkan dimasa eraglobalisasi. Selain itu juga program “satu desa satu perusahaan, satu pesantren satu produk, satu desa satu hafidz, hingga program aplikasi komunikasi antara gubernur dengan kepala desa, mobil multi funggsi,  Semua programnya sangat bagus dan desa Mekar Maju akan siap mendukung dan melaksanakan program tersebut, ungkapnya kepada jurnalis dikantor desanya.

 Lebih lanjut Usep memaparkan tentang desanya. Hampir disetiap RW ada pesantren dan ada beberapa kampung yang sudah berbasis industri rumahan dengan produk pengrajin pandai besi. Produktifitas pengrajinnya juga maksimal, mereka dapat menghasilkan 30 produk perhari, disaat pengrajin diwilayah lain hanya mampu menghasilkan 6 produk perhari. Jadi pengrajin disini memiliki kecepatan produksi, sehingga Kementrian Perdangan dan Perindustrian memberikan pembingan untuk proses label produk dengan kualitas Standar Nasional Indonesia (SNI), dan sertifikat hak kekayaan intelektual (HAKI).

 Walaupun sudah memiliki keunggulan SDM dan produk, kami perlu juga dukungan sarana. Program gubernur satu desa satu perusahaan perlu diwujudkan dengan dukungan sarana. Seperti kami para pengrajin perlu galeri untuk bahan baku hingga etalase produk. Untuk sementara bahan baku masih menggunakan bahan bekas yang sering menghambat proses produksi,  sehingga perlu bahan baku yang disediakan pabrikan agar produknya semakin berkualitas dan bersaing.

 Dan desa Mekar Maju juga perlu adanya mobil multi fungsi yang diprogramkan gubernur. Mobil yang memiliki funggsi untuk promosi, pidato keliling dan kegiatan masyarakat lainnya.

 Kedepanya desa Mekar Maju ini akan mewujudkan konsep desa wisata budaya, dengan ada galeri untuk work shop hingga pagelaran. Jadi para pengunjung bisa melihat langsung proses produksi dari pengrajin besi dan mereka juga akan disambut dengan budaya pencak silat.

(Jurnalis: Dwi Satrio Arifin S.Pd)

Komentar