Digital Camera

Kades Cibodas Sosialisasi Politik Jauhkan Warga Dari Pidana

 Jabar Online (Kabupaten Bandung)-, Program Bupati Bandung untuk mewujudkan proses demokrasi yang aman, damai dan berkualitas didukung langsung kepala desa Cibodas, Wily Wirasasmita. Sebagai pemimpin diwilayahnya Wily langsung mensosialisasikan pesta demokrasi yang sudah masuk masa kampanye Pilihan Legislatif dan Pilihan Presiden tahun 2019 yang akan datang. Kepala Desa mendatangi masjid-masjid dan bersilahturahmi bersama warga untuk sosialisasi program pemerintah. Diantaranya kunjungan ke Masjid Baitul Amanah kampung Babakan Irigasi, Rw 16, Desa Cibodas Pasir Jambu, pada jum‘at 9 November 2018.

 Wily Wirasasmita menyampaikan kepada masyarakatnya bahwa, “terdengar dan terlihat dari media elektronik dan media sosial, segala keadaan dipolitisasi. Maka sebagai masyarakat yang telah dewasa dalam berdemokrasi harus bisa memilih dan mengecek kebenaran informasi agar tidak melanggar aturan yang berujung sanksi pidana. Alhamdulillah desa Cibodas pada tahun 2015, tanpa ada masalah, kita harus pertahankan prestasi ini. Jangan sampai ada warga yang bermasalah dengan hukum.

 Lebih lanjut, Wily menyampaikan, “jangan mau dimanfaatkan ke arah konflik dan jangan terlalu dalam dan jauh dalam berpolitik. Setiap warga memiliki pilihan tentang siapa yang akan memimpinnya. Hal ini jangan jadi perpecahan karena perbedaan pecahan, masyarakat harus bersatu dalam perbedaan. Jangan rusak baliho kampanye, karena itu bisa jadi masalah.

 Selain itu juga Wily menyarankan, karena masih banyak warga yang belum memiliki surat nikah untuk mendaftarkan diri agar menikah isbat, ini merupakan program pemerintah dan gratis. Jangan sampai karena tidak memiliki surat nikah, anak jadi sulit memiliki akte, dan surat kependudukan lainnya. Pemerintah desa sangat berharap setiap warganya memiliki identitas kependudukan yang sah. Dan tidak boleh ada yang warga yang memiliki identitas ganda, karena sekarang datanya sudah berbasis digital online.

 Bukan hanya membahas kependudukan dan politik, Wily juga menyampaikan tentang pentingnya menjaga anggota keluarga. Jangan sampai ada kekerasan dalam rumah tangga, jangan sampai ada yang menikah dini, jangan sampai ada yang mencoba-coba dengan narkoba. Khusus para pemuda karang taruna harus bisa membimbing adik-adinya agar terhindar dari pergaulan bebas.

 Dan ahir pertemuannya Wily memaparkan program pemerataan air bersih murah dengan biaya pemasangan pipanisasi gratis. Sekarang sedang proses pembangunan artesis dengan kapasitas 1000 jiwa.

(Jurnalis: Dwi Satrio Arifin S.Pd)

Komentar