KPU: “Pahlawan, Mereka Yang Berprestasi Dibidangnya”

Jakarta- Semangat patriotisme terasa di Upacara Peringatan Hari Pahlawan di lingkungan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sabtu (10/11/2018). Peserta upacara berseragam Korpri dibangkitkan rasa nasionalismenya oleh Pelaksana Harian (Plh) Sekjen KPU RI Nanang Priyatna yang bertindak selaku Inspektur Upacara.
Pada pesannya, Nanang yang membacakan sambutan Menteri Sosial (Mensos), mengawali provokasi menggelorakan semangat kepahlawanan dengan mengatakan bahwa peringatan Hari Pahlawan yang dilaksanakan setiap tahun bertujuan meningkatkan nilai pahlawan dihati sanubari bangsa. Tidak hanya itu peringatan Hari Pahlawan juga bukan semata acara seremonial belaka tapi memiliki sarat makna. ”Bukan hanya prosesi tapi subtansi nilai kepahlawanan di kehidupan sehari-hari,” kata Nanang di Halaman Kantor KPU RI.
 
Pria sehari-hari menjabat sebagai Kepala Biro Keuangan ini mengingatkan bahwa tema Hari Pahlawan 2018 “Semangat Pahlawan Di Dadaku” harus dipupuk dan ditingkatkan. Terlebih semangat kepahlawanan ini mudah berubah jika tidak dijaga.
 
Nanang mengatakan bahwa bangsa Indonesia juga terus membutuhkan sosok pahlawan baru yang hadir disetiap lini kehidupan berbangsa bernegara. Pahlawan yang hadir dengan jiwa patriotisme berkarakter dan berkemampuan dibidangnya. “Indonesia juga butuh pahlawan dari pemuda yang berpikiran global yang mampu menjadikan Indonesia diperhitungkan di industri 4.0,” tutur Nanang.
 
Di akhir pidato Nanang mengatakan bahwa perjuangan memang ada kata akhir tapi nilai kepahlawanan terus berkelanjutan seiring dengan kebutuhan dan perkembangan bangsa. “Setiap perjuangan estafet ke perjuangan lainnya. Seperti hari ini semangat Hari Pahlawan bisa ditransformasikan untuk mengentaskan kemiskinan,” pungkas Nanang.
 
Hadir dalam upacara ini, sejumlah pejabat eselon II, staf di lingkungan Setjen KPU Ri. Upacara Peringatan Hari Pahlawan di lingkungan KPU sendiri diawali dengan pengibaran Bendera Merah Putih diiringi Lagu Kebangsaan Indonesia Raya. Dilanjutkan dengan mengheningkan cipta,  pembacaan Pancasila, Pembukaan UUD 1945 serta pembacaan Pesan Perjuangan. (Tim Humas KPU RI)
Komentar