BPD Bojong Keding Ajak Masyarakat Gotong Royong

BPD Bojong Keding Ajak Masyarakat Gotong Royong

SUBANG – Warga bersama Pemdes dan BPD Desa Bojongkeding Kecamatan Tambakdahan, Subang bergotong royong membendung air pembuangan dari bendungan utama pintu besar. Kerja bakti tersebut dilakukan di blok Cihaok sebagai solusi untuk mengatasi kekurangan air bagi pertanian.

Ketua BPD Bojongkeding Otong Yuda menyebut bahwa tujuan menampung air pembuangan itu agar bisa dimanfaatkan oleh para petani.

“Limpasan air itu dinaikan ke saluran tersier tersier di wilayah pesawahan terdekat dengan cara disedot oleh mesin,” kata Otong Yuda, di sela kerja bakti, Minggu (14/07/2019).

Menurut Otong Yuda, areal pesawahan di wilayah tersebut mulai terdampak kekeringan akibat musim kemarau.

“Kegiatan itu sebagai ide dan kreatifitas dari masyarakat sebagai solusi kekurangan air. Sementara posisi BPD seperti tertuang dalam Permendagri Nomor 110, salah satu fungsinya adalah menampung aspirasi masyarakat, sekaligus memfasilitasi aspirasi sampai terlaksananya kegiatan tersebut,” ucapnya.

Otong menambahkan, kerja bakti secara gotong royong sebagai budaya asli bangsa Indonesia harus terus dipakai di tengah masyarakat. Dengan gotong royong, persoalan yang tengah dihadapi masyarakat bisa secara bersama sama ditanggulangi. Seperti kekeringan yang kini banyak terjadi di pesawahan di kawasan pantura Subang.

“Tentunya dengan diawali teladan pemerintah desa, BPD dan tokoh masyarakat,” pungkasnya.

Reporter Budi Hermawan

About admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*