Ir. Jafar Ismail M.M: “Program Ikan Juara Visi Gubernur Di RPJMD”

Jabar Online (Bandung)-, Dalam rangka mewujudkan Jawa Barat juara lahir dan batin. Dinas Perikanan dan Kelautan Provinsi Jawa Barat akan menjamin kualitas dan ketersediaaan ikan. Dan menumbuhkan kebiasaan makan ikan, dengan kandungan omega dan protein yang tinggi mengkonsumsi ikan akan mendorong tumbuhnya kecerdasan dan daya tahan tubuh.

Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Provinsi Jawa Barat Ir. H. Jafar Ismail M.M menjelaskan tentang program gubernur kedepan tentang ikan juara. Dari visi gubernur ada program Ikan juara. Diantaranya melaui budi daya ikan dilingkungan pesantren sesuai dengan potensi yang ada. Dan bagi para nelayan kedepannya akan dibimbing untuk penangkapan ikan.  Dengan ketepatan arah dan waktu melalui pendektesian keberadaan ikan dilautan melalui teknologi. Hal ini dijelaskan saat diwawancari jabaronline.com pada acara Hari Ikan Nasional yang digelar di Lapang Upakarti, Soreang, Rabu (5/12/2018)

Lebih lanjut Ir Jafar menyampaikan, untuk mewujudkan program ikan juara di masyarakat. Dinas Perikanan dan Kelauatan yang ada di Kabupaten atau kota se Jawa Barat, pada RPJMD 2018-2023 akan disesuaikan dengan visi provinsi dan pusat. Program bantuan dari provinsi berupa kebutuhan induk dan benih untuk budi daya akan digulirkan. Program ini bertujuan agar ketersediaan ikan di Jawa Barat terus tumbuh dan lalu masyarakatpun terus didorong untuk gemar makan ikan.

Dinas Perikanan Dan Kelautan Provinsi Jawa Barat siap melaksanakan sebagian tugas Pemerintah Daerah di bidang Perikanan dalam merumuskan kebijaksanaan operasional dan eksploiting kelautan serta melaksanakan kewenangan desentralisasi propinsi dan kewenangan yang dilimpahkan Gubernur

Melalui perumusan kebijakan teknis dibidang perikanan dan eksplorasi kelautan. Pemberian perijinan dan pelayanan umum dibidang Perikanan dan eksplorasi kelautan. Pembinaan pelaksanaan tugas dibidang perikanan dan kelautan yang meliputi program produksi dan konservasi prasarana usaha, eksplorasi kelautan serta unit pelaksana teknis dinas.

(D.Arifin S.Pd)

About admin