Pemberdayaan UMKM Dalam Pembuatan Jamu Tradisional Dari Tanaman Obat Keluarga (TOGA) Sebagai Upaya Pencapaian SDGs di Desa Cikarawang Kabupaten Bogor

Pemberdayaan UMKM Dalam Pembuatan Jamu Tradisional Dari Tanaman Obat Keluarga (TOGA) Sebagai Upaya Pencapaian SDGs di Desa Cikarawang Kabupaten Bogor

Smallest Font
Largest Font

JABARONLINE.COM - Pemberdayaan masyarakat pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dalam pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs) dilakukan dengan memanfaatkan Tanaman Obat Keluarga (TOGA), untuk mewujudkan Kampung Sehat. 

Kegiatan pendampingan dengan meningkatkan keterampilan cara pembuatan jamu tradisional dari TOGA dalam upaya peningkatan kesehatan baik dalam upaya preventif, promotif maupun kuratif ini menjadi salah satu wujud kerjasama kemitraan Komunitas Kebun Merdesa di Desa Cikarawang, Kecamatan Dramaga, Kabupaten Bogor dengan LPPM Universitas Pakuan.

Advertisement
Scroll To Continue with Content

Adapun pihak yang terlibat untuk mewujudkan Kampung Sehat di Kampung UMKM Desa Cikarawang ini adalah pemuda komunitas kebun merdesa, mitra pelaku usaha mikro, tim PKK, masyarakat desa serta Tim Pengabdian yang bertanggung jawab atas Kampung Sehat yaitu apt. Nhadira Nhestricia, S. Farm., MKM, dan apt. Novi Fajar Utami, M.Farm serta beberapa Mahasiswa Farmasi FMIPA Universitas Pakuan Bogor.

Kegiatan utama dari Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) terintegrasi MBKM ini adalah pelatihan keterampilan cara pembuatan jamu tradisional dari TOGA yang dilaksanakan pada hari Kamis tanggal 14 September 2023. 

Advertisement
Konten berbayar di bawah ini adalah iklan platform MGID. JABARONLINE.COM tidak terkait dengan pembuatan konten ini.
Scroll To Continue with Content

Pelaksanan kegiatan dilakukan di Kebun Merdesa yang juga menjadi tempat pembudidayaan TOGA. Kegiatan diikuti oleh 25 orang. 

 “Adapun indikator keberhasilan dari Kampung Sehat ini adalah Peningkatan kualitas kesehatan dan pengetahuan dalam pembiasaan hidup bersih dan sehat. Peningkatan keterampilan kader PKK dan pelaku usaha mikro dalam membuat minuman jamu tradisional dari Tanaman Obat Keluarga (TOGA)”, ujar apt. Novi Fajar Utami, M.Farm.***

Editors Team
Daisy Floren
Daisy Floren
Hokage Author