Memberantas Fosilisasi Bahasa Inggris di Kalangan Taman Kanak-kanak

BOGOR – Dosen Bahasa Inggris Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pakuan melakukan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) dengan tema “Peningkatan Kesadaran Tentang English Phonetics di Kalangan Guru TK Untuk Mencegah Fosilisasi Bahasa Inggris”. Kegiatan ini dilaksanakan mulai tanggal 24 April – 15 Mei 2019 di TK Al-Irsyad Al-Islamiyah yang berlokasi di Jl. Pekojan No 1 Empang, Bogor Selatan.

Kegiatan tersebut merupakan bagian dari Tri Dharma Perguruan Tinggi yang wajib dilaksanakan oleh seorang dosen. Peserta yang mengikuti kegiatan ini adalah guru-guru TK Al-Irsyad.

“Kami sangat bahagia dan bangga menjadi bagian dari program PKM ini karena kami mendapatkan kesempatan untuk belajar dasar-dasar bunyi Bahasa Inggris. Untuk menjadi guru yang hebat, jangan malu untuk memulai belajar hal yang baru meskipun usia sudah tak lagi muda,” kata kepala sekolah TK Al-Irsyad, Dewi Sutianengsih, S.Pd.

Berkat bimbingan fasilitator, “Bu Isti dan Pak Rosyid, kami mendapatkan tambahan ilmu bahasa Inggris yang bermanfaat bagi kami dan murid-murid kami. Kami mengharapkan kegiatan ini akan terus berlanjut,” ucapnya.

Dia menuturkan bahwa tujuan utama dari PKM ini adalah untuk berbagi cara membaca kata-kata dalam Bahasa Inggris dengan pelafalan yang benar. Menurutnya, ketika guru TK mengajarkan lagu ataupun kosakata Bahasa Inggris tanpa tahu cara pelafalan yang benar, maka murid-murid mereka akan mendengarkan pelafalan yang salah.

“Hal ini akan menjadi ingatan yang terus terngiang sehingga sulit untuk diperbaiki. Fenomena inilah yang disebut dengan fosilisasi,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Isti merasa sangat senang dengan kondisi guru-guru TK yang antusias mengikuti kegiatan PKM dan berharap kegiatan ini dapat dilanjutkan dengan tema-tema yang berbeda.

(Oly)

About admin