900 Rumah Terdampak, Pemerintah Akan Alokasikan BTT Sebesar Rp1,5 miliar

Kota Bogor-Musibah angin puting beliung yang menerpa ratusan rumah di wilayah Kecamatan Bogor Selatan dan sebagian Bogor Timur pada hari Kamis (6/12) kemarin. Akibatnya warga yang terdampak mengungsi dibeberapa titik pengungsian.

Pasca musibah tersebut, Walikota Bogor Bima Arya beserta jajaran meninjau lokasi pengungsian yang terletak di Batutulis dan Cipaku. Menurut Bima, peristiwa yang terjadi kemarin setidaknya ada sekitar 900 rumah yang terdampak sapuan angin puting beliung.

“Ratusan rumah yang terkena dampak itu mengalami kerusakan yang cukup berat dan ada juga yang rusak ringan. Untuk perbaikan ratusan rumah warga, kita alokasikan anggaran dari Bantuan Tidak Terduga (BTT) sebesar Rp1,5 miliar,” katanya.

Bima juga mengungkapkan bahwa dirinya ditelepon oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Jum’at (7/12) pagi.

“Tadi saya ditelepon Pak Gubenur, beliau rencananya akan memberikan bantuan. Tapi, untuk saat ini kita pastikan dulu warga yang mengungsi dipenuhi kebutuhannya dengan baik,” ucapnya.

Kemudian, Bima pun mengajak kepada seluruh masyarakat Kota Bogor untuk membantu meringankan beban para korban. Pihaknya, membuka ruang bagi warga yang ingin menyumbang, baik itu makanan, pakaian ataupun bantuan tunai untuk pemulihan fisik,” ungkapnya.

Terkait bantuan tersebut, pihaknya akan mengajukan bantuan sebesar Rp5 miliar, “siang ini juga Pemerintah Kota Bogor akan melayangkan surat kepada Gubernur Jawa Barat. Kita akan layangkan surat ke Propinsi, sekarang masih dalam pendataan,” pungkasnya.

(Oly)

Komentar