Berwirausaha Jadi Alternatif, Rafdinal Tekuni Usaha Martabak Kubang

BOGOR – Berwirausaha jadi alternatif tingkatkan ekonomi, Rafdinal (47) kini mulai menekuni wirausaha dibidang kuliner dengan membuka usaha Martabak Kubang tepat di Jalan mayjend H.E Sukma, Jalan Raya Sukabumi – Bogor, Desa Telukpinang, Kecamatan Ciawi, Kabupaten Bogor.

Rafdinal memaparkan bahwa kini lebih memilih berwirausaha dibanding harus menjadi karyawan pabrik, karena dengan berwirausaha bisa sedikit membantu negara mengurangi pengangguran. Menurutnya, dengan berwirausaha dirinya bisa membuka lapangan pekerjaan untuk orang lain.

“Dari pada harus bekerja di bawah jari telunjuk orang lain apalagi perusahaan asing, mending buka usaha sendiri malah sampe bisa memberikan lapangan pekerjaan untuk orang lain,” ungkapnya kepada wartawan, Sabtu (13/04/2019).

Ia mengatakan, telah berwirausaha sejak tahun 1994 ia dengan diawali usaha fotocopy yang kini merambah ke bidang kuliner dengan membuka kedai Martabak.

“Sayang punya ilmu bikin martabak tapi engga direalisasikan, jadilah sekarang buka kedai,” katanya.

Martabak yang disuguhkan oleh Rafdinal memiliki beberapa varian rasa yang sedikit berbeda dari martabak pada umumnya, dengan harga yang lebih terjangkau oleh masyarakat. Tidak hanya itu, varian rasa dari martabak ini antaralain : brownies, pandan, dan vanila dengan harga berkisar dari Rp.16 – 43 ribu.

“Saya kasih beberapa varian rasa agar berbeda dari martabak pada umumnya agar menarik pembeli,” tuturnya.

Tak hanya martabak manis dengan varian rasa, ia juga menyediakan martabak telur atau biasa disebut juga martabak mesir. Ia menuturkan bahwa martabaknya disebut martabak mesir di karenakan tidak di goreng dengan minyak, melainkan dengan mentega.

Rafdinal berharap, dapat mengembangkan usahanya dan dapat memberikan lapangan pekerjaan yang lebih banyak bagi orang lain.

(Refdi)

About admin