Imam Nahrawi Hadiri Kegiatan Peduli Lingkungan : Jaga Nilai Budaya

BOGOR – Kegiatan Pemuda Peduli Lingkungan Asri dan Bersih dengan bingkai ‘’Aksi Pemuda Mewujudkan Indonesia Bebas Sampah 2030’’, secara resmi dibuka oleh Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi. Kegiatan berlangsung selama 3 hari, dimulai dari tanggal 9 – 12 Juli 2019 berlokasi di Camp Hulu Cai Cibedug Kecamatan Ciawi, Kabupaten Bogor.

Kegiatan tersebut, dihadiri sebanyak 98 peserta dari 34 provinsi, dan para peserta akan dibekali berbagai ilmu dan keterampilan dibidang pengolahan dan pemilahan sampah. Hadir dalam kegiatan tersebut, Deputi Bidang Pemberdayaan Pemuda Faisal Abdullah, Asdep Kapasitas IG Putu Raka Pariana beserta jajaran dan Kepala Bidang Pengelolaan Sampah Dinas Lingkungan Hidup Kab. Bogor, Entis Tardiana.

Imam Nahrawi, dalam sambutannya mengatakan pentingnya peserta memahami karakter budaya luhur yang sangat kompleks. Diwajibkan untuk menjaga nilai budaya tersebut termasuk kaitan diantaranya dengan lingkungan. “Kita harus memahami karakter budaya luhur yang sangat kompleks yang kita miliki dan kewajiban kita untuk mejaga budaya dan nilai-nilai luhur ini,” ucapnya.

Sementara, pada kesempatan itu, Faisal Abdullah mengatakan, Indonesia diharapkan bebas sampah. Oleh karena itu, dirinya mengajak untuk tidak memerangi sampah, melainkan untuk memanfaatkan sampah.

“Mari bukan memerangi sampah tapi memanfaatkan sampah untuk kehidupan,” katanya.

Deputi Bidang Pemberdayaan Pemuda melalui Asdep Kapasitas menghadirkan para narumber seperti Ditjen Pengelolaan Sampah, Limbah dan B3 KLHK, Ditjen Cipta Karya Kemeterian PUPR, Babeh Idin Tokoh BETAWI Sungai Pasanggrahan, Ricky Elson Founder Lentera Bumi Nusantara, Abrar Prasojo Tenaga Ahli Bidang Keamanan Lingkungan dan Pemuda Milenial yang concern di bidang lingkungan, Agustina Ketua Umum World Celad Up Indonesia, Ranitya Nurlita Founder Salam Kita, Swietenia Delegasi Ecosoc Kemenpora tahun 2019 Dwi Widiani Ketua Umum Planet Bikers Indoensia dan lain-lainnya.

(ON)

About admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*