IPB Islamic Book Fair 2018 di Tengah Tantangan Literasi

Dalam rangka meningkatkan minat baca, Lembaga Dakwah Kampus (LDK) Institut Pertanian Bogor (IPB) bekerja sama dengan Badan Kerohanian Islam Mahasiswa (BKIM) menggelar pameran Islamic Book Fair (IBF) di Gedung Graha Widya Wisuda (GWW).

Pameran ini diselenggarakan dalam rangka meningkatkan minat baca dikalangan umum khususnya bagi mahasiswa Institut Pertanian Bogor (IPB), dengan mengusung tema “Literasi sebagai benteng untuk menghadapi ombak peradaban modern”.

Tahun ini merupakan pertama kali diselenggarakannya Islamic Book Fair di IPB. Acara ini berlangsung pada tanggal 1-2 Desember 2018 dari pukul 07.00-17.00 WIB. Kegiatan ini memiliki konsep untuk mengajak masyarakat untuk lebih giat membaca agar mereka tahu pentingnya literasi sebagai benteng untuk menghadapi ombak peradaban modern.

Menurut panitia, Nabila Aminah menjelaskan IPB Islamic Book Fair tidak hanya menghadirkan pameran buku, tetapi ada acara menarik lainnya, “seperti bazar, posko cek kesehatan, donor darah, talkshow 2018 bersama M.Sigit Susanto (Presma IPB 2013), tabligh akbar bersama Muzammil Hasballah dan Alfath Hibatul, Bedah buku #mncrgknskl (Mencurigai Diri Menaklukan Masa Muda Mencurigai Diri Mengokohkan Masa Depan) bersama Zaki A.Rivai”,” kata Nabila.

Sementara itu, ketua pelaksana IPB Islamic Book Fair, Ahmad Syauqi menyampaikan bahwa selain mengadakan acara bazar buku dan lainnya, IPB Islamic Book Fair juga mengadakan konser amal berupa pengumpulan donasi untuk disalurkan kepada korban bencana Donggala dan Palu di Sulawesi Tengah yang bekerja sama dengan aksi cepat tanggap (ACT).

“Ada 31 stand yang ikut serta dalam acara IPB Islamic Book Fair. Buku yang dibazarkan langsung dari penerbitnya,” ujarnya.

Tidak hanya menjual buku tentang islam, dipameran buku ini pun menjual sejumlah buku dengan materi umum. Harga buku yang dijual bervariasi mulai dari Rp 10ribu sampai Rp 85ribu. “IPB Islamic Book Fair juga menawarkan beragam jenis dan model baju muslim, kaos, dan aneka aksesoris yang dijual. Hingga sore hari pengunjung pameran terus berdatangan dari berbagai kalangan,” pungkasnya.

(din/ikn/khn/pih/smy)

Komentar