Gizi dan Nutrisi Berimbang Bagi Orang Berpuasa

BOGOR – Tidak terasa bulan suci Ramadan tiba, sudah seharusnya selama ramadan umat muslim menjalankan ibadah puasa dan tentunya daya tahan tubuh serta kondisi kesehatan harus tetap terjaga.

Menjalankan ibadah puasa, asupan nutrisi pada tubuh sangatlah terbatas menjalani aktivitas sehari-hari. Oleh karena itu, masukan gizi yang berimbang serta berbagai nutrisi yang masuk dengan mengonsumsi makanan saat sahur adalah kunci menjaga kondisi tubuh.

Dikutip dari www.alodokter.com, Medical Advisor of PT Bayer Indonesia, Dr. Diah Suksmasari, mengatakan disarankan ketika menjalankan ibadah puasa agar mengonsumsi vitamin C, vitamin D dan Zinc untuk mendukung pertahanan tubuh.

“Guna mengantisipasi gangguan kecukupan asupan gizi selama berpuasa, selain protein, karbohidrat kompleks dan buah, tubuh juga membutuhkan tambahan asupan bernutrisi termasuk vitamin dan mineral,” kata Dr. Diah.

Tidak hanya itu, dikatakan Dr. Diah vitamin V dapat menurunkan gejala flu. Sedangkan vitamin D baik untuk tulang, serta dapat membantu kinerja vitamin C dan zinc. Sehingga aktivitas sistem imun dapat lebih cepat.

Vitamin-vitamin tersebut sangatlah baik untuk dikonsumsi saat puasa guna memberikan perlindungan optimal terhadap sistem perlengkapan tubuh.

“Kalau tidak mengonsumis vitamin tersebut, tubuh dengan mudah dehidrasi saat puasa. Dan mudah sakit seperti terkena flu, ISPA atau lemas. Sebaiknya tambahkan suplemen yang diminum saat sahur,” pungkasnya.

(Red/Oly)

About admin