ADD, DD & Banprov Sudah Disalurkan, 2019 Banyak Kenaikan

Jabar Online (Kabupaten Bandung)-, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Bandung telah tuntas menyalurkan dana desa, alokasi dana desa dan merekomendasi pencarian dana bantuan keuangan dari pemerintah provinsi Jawa Barat untuk seluruh desa di Kabupaten Bandung.

Kepala DMPD Kabupaten Bandung Tata Irawan menjelaskan, semua dana bantuan dari pemerintah yang masuk ke desa sudah tersalurkan. Mulai dari alokasi dana desa, dana desa tahap tiga sudah beres, dan untuk pengajuan dana bantuan keuangan dari provinsi DPMD sudah merekomendasikan semua desa yang ada di Kabupaten Bandung. Hal ini disampaikan kepada jurnalis jabaronline.com pada acara launching Bumdes Juara di Ciwalk Kota Bandung 15 Desember 2018.

Lebih lanjut Tata menyampaikan untuk tahun depan ada kenaikan anggaran senilai kurang lebih 51 milyaran. DMPD saat ini sedang menunggu keputusan dan aturan yang akan diberlakukan dari kesepakatan tiga menteri.

Dana itu tidak dibagi rata jumlahnya ke setiap desa, tapi tergantung indeks desa membangunnya, luas wilayah dan jumlah penduduk miskin.

Tata menilai dengan adanya kenaikan bantuan untuk desa dan kegiatan launching bumdes ini. Kedepannya pemerintah desa dan bumdes harus lebih berperan untuk kemajuan dan kesejahteraan masyarakat desa. Kami atas nama pemerintah kabupaten Bandung menyambut baik program gubernur tentang bumdes juara. Kegiatan seperti ini harus dirutinkan, karena mampu menjadi wahana promosi bagi bumdes.

(Reporter Bandung: Dwi Arifin Satrio S.Pd)

About admin