3 SMA Di Kabupaten Bogor Laksanakan Workshop SPMP Untuk Tingkatkan Mutu Pendidikan

BOGOR,JABARONLINE.COM- Dalam rangka implementasi peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan no 28 tahun 2019 tentang Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan Dasar dan Menengah, SMA Negeri 1 Cariu bekerjasama dengan SMA Negeri 1 Tanjungsari dan SMA Negeri 1 Sukamakmur melaksanakan Workshop Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan (SPMP) dengan tujuan meningkatkan dan menjamin mutu Pendidikan Sekolah, di Aula SMA Negeri 1 Cariu, Selasa (1/10/19).

Workshop Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan (SPMP)diikuti oleh 3 sekolah negeri yang ada di wilayah Timur yaitu SMA N 1 Cariu, SMA Negeri 1 Tanjungsari dan SMA Negeri 1 Sukamakmur, dengan pembicara Abd. Syukur, S.Pd., M.Pd., Dulkamit, S.Pd., M.Pd selaku pengawas KCD 1 tingkat Sekolah Menengah Atas dan Jajang Hidayat, S.Pd., M.Pd., Kepala SMA Negeri 1 Cariu.

Tujuan Workshop SPMP yaitu sekolah dapat menerapkan Penjaminan Mutu Pendidikan secara Mandiri, dapat Meningkatkan Mutu Pendidikan sesuai dengan Standar Nasioanal pendidikan (SNP), dan dapat Menciptakan Budaya Mutu Pendidikan. Adapun Sasaran Workshop tersebut yaitu Kepala Sekolah, Tenaga Pendidik dan Kependidikan SMA N 1 Cariu, SMA Negeri 1 Tanjungsari dan SMA Negeri 1 Sukamakmur.

Kegiatan tersebut dilaksanakan selama 2 hari dari tanggal 1 s.d 2 Oktober 2019 dengan materi Implementasi SPME diantaranya Kebijakan SPMP, Prosedur Pengumpulan Data Mutu, SNP (Indikator dan Instrumen Pemetaan Mutu Pendidikan bagi Penjaminan Mutu Pendidikan), Rapor Mutu dan Analisi Data, Aplikasi Pengumpulan Data dan Mutu, Aplikasi Pengumpulan Data dan Mutu Pendidikan serta Implementasi SPMI diantaranya Konsep SPMI, Pemetaan Mutu dan Perencanaan Pemenuhan Mutu, Pelaksanaan Pemenuhan MUTU, Monitoring dan Evaluasi dan Penyusunan Startegi Peningkatan Mutu.

“Dengan adanya Workshop SPMP dapat memberikan pengetahuan dan bekal bagi warga sekolah untuk meningkatkan dan menjamin mutu sekolah,“ Ujar ketua pelaksana workshop SPMP, Jajang Hidayat, S.Pd., M.Pd

“Hasil yang diharapkan dari Workshop SPMP mampu menganalisis 8 Standar Nasional, menyusun pemetaan berdasarkan Rapor Mutu Sekolah dan mampu untuk meningkatkan dan menjamin mutu sekolah,” Tambah Jajang.

“Semua sekolah bisa menerapkan dan mengimplementasikan dari 5 siklus SPMI , dimulai dari pemetaan, perencanaan, rencana aksi, pelaksanaan, dan strategi yang nantinya diterapkan dalam rapor terbaru,” Pungkas Abdul Syukur, S.Pd., M.Pd selaku pengawas KCD 1 tingkat Sekolah Menengah Atas.

Atiek – 010

About admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*