Kecamatan Cariu Bakal Gelar MTQ Tingkat Kabupaten

Kegiatan MTQ tingkat kabupaten yang akan digelar pada tanggal 23-24 Oktober 2018 di Kecamatan Cariu sudah rampung sekitar 80%. Panitia MTQ melakukan rapat Kordinasi dengan pihak-pihak terkait di Aula Kecamatan Cariu, Jum’at (19/10/18).

Dalam mempersiapkan kegiatan tersebut, panitia hanya tinggal menambahkan kekurangan-kekurangan sebagai pelengkap dan media sosialisasi lainnya seperti umbul-umbul dan keamanan parkir serta untuk sterilisasi jalan. Pihak Kecamatan Cariu bekerja sama dengan pihak pemadam kebakaran (Damkar) guna menyiram jalanan agar tidak berdebu, karenakan musim kemarau. Penyiraman akan dilaksanakan sehari sebelum kegiatan.

Perkiraan jumlah kunjungan dari 39 kecamatan yang ada di Kabupaten Bogor sekitar 7 ribu orang, mulai dari pawai ta’aruf yang satu kontingennya minimal seratus orang perkecamatan, ditambah satu kecamatan sebagi tuan rumah akan mengarahkan sebanyak 3 ribu orang. Dalam kegiatan MTQ cabang, yang akan diperlombakan sebanyak sepuluh cabang, diantaranya cabang Tahfizh Al-Qur’an 10 juz dan 20 juz, Tahfizh Al-Qur’an 30 juz Tafsir Bahasa Arab, Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia, cabang Makalah Ilmiah Al-Qur’an, cabang Tilawah Remaja dan Cacat Netra (CANET), cabang Khattil Qur’an, cabang Tilawah Anak-anak dan Murotal, cabang Tilawah Al-Qur’an Dewasa dan Qiroat, cabang Fahmil Qur’an, cabang Syarhil Qur’an dan cabang Tahfiz 1 dan 5 juz.

Camat Cariu Didin Wahidin, mengatakan bahwa dengan diadakannya MTQ tingkat Kabupaten di Kecamatan cariu ini diharapkan peserta kecamatan Cariu bisa memborong piala dalam MTQ nanti yang dilaksanakan pada tanggal 23 dan 24 Oktober 2018. “Sebagai tuan rumah Cariu juga berharap masuk 10 besar, walaupun sebelumnya Cariu belum pernah masuk sepuluh besar,” harapnya.

Dirinya juga berharap pada pelaksaaan MTQ itu, bisa berjalan lancar, tertib, aman dan ada keberkahan untuk masyarakat Kecamatan Cariu. “Dengan diadakannya MTQ di Kecamatan Cariu ini, bisa memotivasi masyarakat untuk tumbuh semangatnya lebih mendalami dan juga untuk lebih mampu dalam baca tulis Al-Qura,an,” ungkapnya.

(ON)

Komentar