Home / Regional / Sukabumi / STH Pasundan Sukabumi Gelar Seminar Bertemakan “Etika dan Budaya Hukum”

STH Pasundan Sukabumi Gelar Seminar Bertemakan “Etika dan Budaya Hukum”

Sukabumi-Dalam rangka mempringati ‘DIES NATALIS’, Sekolah Tinggi Hukum (STH) Pasundan Sukabumi mengadakan acara Seminar Hukum dengan bertemakan “Etika dan Budaya Hukum” yang digelar di Gedung Juang 45, Kota Sukabumi, Jum’at (11/01/2019).

Dalam acara tersebut STH Pasundan turut mengundang Jaja Ahmad Jayus selaku Ketua Komisi Yudisial Republik Indonesia sebagai narasumber. Pada kesempatan itu, juga hadiri oleh Wali Kota Sukabumi, Achmad Fahmi.

Ketua Pelaksana Yana Kuspiana mengatakan, dengan mengangkat tema ini bermaksud untuk membangun kesadaran masyarakat dan juga betapa pentingannya ‘etika dan budaya hukum’ bagi para penegak hukum dan masyarakat sebagai konsekuensi Indonesia sebagai Negara hukum.

“Ini bertujuan untuk memberikan pemahaman dan pencerahan tentang etika dan budaya hukum, ikut serta mensosialisasikan tugas, fungsi, dan wewenang Komisi Yudisial dalam mengawal dan mengawasi Etika dan budaya hukum dalam sisten peradilan Indonesia,” katanya.

Tidak hanya itu, seminar ini dihadiri dari berbagai profesi dari mulai Dosen, Guru, Mahasiswa, Notaris, Advokat bahkan sampai Kepala Desa.

Wawancara Ketua Komisi Yudisial Republik Indonesia, Jaja Ahmad Jayus.

Sementara itu, Jaja Ahmad Jayus, menuturkan, “Memasuki abab 19, 20, 21 ditandai dengan Perkembangan ilmu & Tekonologi yang akseleratif, proses – proses globalisasi, ekonomi & pasar bebas yang menimbulkan sosial isu dari aspek HAM : kemiskinan, kesenjangan sosial & keadilan sosial lalu dari aspek Sosial: Kejahatan, Narkoba, Minuman keras, Terorisme, Premanisme. Lalu melahirkan yang disebut dengan krisis moral, ” pungkasnya.

(Rizky Farhan)

Komentar